Yuk, Sulap Ruang Tak Terpakai Jadi Perpustakaan di Rumah, Gampang Caranya

Nyedulur
  • 2 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Daybreak.

Adanya ruang baca di dalam rumah cukup penting. Ruangan ini bisa dijadikan tempat untuk berbagi ilmu dengan keluarga. Juga bisa untuk berbagi pengalaman dan diskusi.

Kehadiran ruang baca dengan sendirinya menciptakan perpustakaan di rumah. Anda tidak perlu repot datang ke pesputakaan. Apalagi saat ini pandemi Covid-19 masih merebak.

Perpustakaan pribadi di rumah bisa membuat nyaman dan bersantai tanpa gangguan dan kebisingan. Tapi untuk menciptakan ruang baca memang butuh effort.

Berikut beberapa ide ruangan yang bisa dijadikan referensi sebagai perpustakaan seperti dirangkum dari Kompas.

Jika kita tidak memiliki seluruh ruangan untuk disisihkan, carilah sudut yang tidak terpakai dan dapat berfungsi sebagai perpustakaan kecil.

Misalnya, ubah tangga di bagian atas tangga menjadi area membaca yang nyaman dengan menambahkan kursi santai dan penyimpanan buku.

Colokkan lampu lantai untuk membaca malam hari. Letakkan meja kecil di dekat kursi untuk secangkir teh.

Anda juga bisa memanfaatkan rak buku built-in, untuk mengubah sudut ruang tamu menjadi perpustakaan yang nyaman.

Gunakan rak untuk mengatur buku berdasarkan warna. Tambahkan pula pencahayaan dengan memasang tempat lilin di dinding yang berdekatan.

Posisikan kursi yang nyaman, dengan bangku kecil atau sandaran tempat untuk meluruskan kaki.

Buatlah tempat di mana anak-anak dapat melatih keterampilan membaca, atau menikmati dongeng sebelum tidur.

Simpan buku di rak rendah yang mudah dijangkau tangan kecil. Gunakan pula bangku, kursi ukuran anak, atau bantal lantai untuk tempat duduk.

Selalu kencangkan furnitur berat ke dinding agar tidak terjungkal secara tidak sengaja. Ruang kerja di rumah dapat dengan mudah berfungsi ganda. Bisa sekaligus sebagai perpustakaan dengan penyimpanan dan furnitur yang tepat.

Pasang rak buku built-in atau tempatkan rak buku di sepanjang dinding. Fungsinya untuk menyimpan koleksi buku, perlengkapan kantor, dan aksesori dekoratif.

Bawalah kursi yang nyaman (bukan kursi meja biasa) untuk membantu membedakan antara waktu kerja dan waktu relaksasi.

Artikel Lainnya