Yuk, Pelajari Fakta-fakta Seputar Gempa Bumi, Jarang Diketahui, Lho

Nyedulur
  • 3 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: freepic.

Ngeri, ya Indonesia kerap dilanda gempa. Tahu nggak jika Indonesia berada di lengkungan cincin api pasifik aktif. Posisi negara kita berada di atas Lempeng Indo-Austalia, Lempeng Eurasia dan Lempek Pasifik.

Itulah sebabnya Indonesia rawan bencana alam. Sebut saja gempa bumi gunung meletus, hingga potensi tsunami. Hampir sepanjang tahun salah satu di antara ketiga bencana itu selalu melanda Indonesia.

Gaes, meski akrab dengan gempa bumi, pengetahuan tentang bencana masih minim. Maka ketahui beberapa fakta tentang gempa bumi yang dirangkum dari IDN Times.

Meski sudah tinggal selama ratusan ribu tahun di bumi, kita hanya mengenal tanah yang kita pijak saja. Padahal, sama seperti semua planet, bumi juga memiliki inti berupa bola besi padat super panas yang bisa mencapai suhu 10.800 °F.

Proses pemanasan inti bumi inilah yang akhirnya menyebabkan mantel, kerak bumi, dan lempengan ikut bergerak. Saking kuatnya, pergerakan ini menimbulkan tekanan besar yang menyebabkan kerak patah, dan melepaskan gelombang seismik alias gempa.

Dalam satu tahun, kita mungkin hanya merasakan satu dua gempa. Tapi yang terjadi sebenarnya, lebih dari itu. Dalam satu tahun, ada 500 ribu gempa yang mengguncang berbagai wilayah di bumi.

Dari jumlah itu, hanya ada 100 ribu gempa yang bisa kita rasakan. Sebanyak 100 gempa di antaranya benar-benar menyebabkan banyak kerusakan dan korban, akinat magnitudo-nya sangat besar.

Lalu bagaimana dengan 400 ribu gempa lainnya? Tenang, walau frekuensinya cukup sering, tapi gempa ini magnitudo-nya sangat kecil.

Dari ratusan ribu gempa yang pernah terjadi di bumi, gempa yang terjadi di Chili pada 22 Mei 1960 adalah yang paling mengerikan.

Bagaimana tidak, gempa yang berlangsung selama sebelas menit ini memiliki kekuatan 8,8 magnitudo. Akibatnya tsunami setinggi 28 meter yang membuat 2.000-6.000 nyawa melayang. Sementara sekitar 2 juta lainnya luka-luka dan kehilangan tempat tinggal.

Gempa bukan hanya terjadi di bumi. Satelit tetangga kita, yakni bulan juga mengalami hal yang sama. Gempa di bulan bisa terjadi karena beberapa sebab.

Pertama, karena tarikan gravitasi bumi. Sama seperti bulan yang memengaruhi pasang surut bumi, gravitasi planet kita juga mempengaruhi bulan.

Kedua, tidak seperti bumi yang punya atmosfer, bulan tidak memiliki pelindung apa pun. Akibatnya, ada banyak meteor yang menghantam bulan. Inilah yang menyebabkan gempa. Ada lain kok.

Artikel Lainnya