nyedulur.com

Yuk, Jajal Menu Masakan Cina di Rumah, Gampang dan Pasti Lezat

Nyedulur
  • 2 bulan yang lalu
  • arief

Menemukan masakan Cina atau Chinese food cukup mudah di Indonesia. Hampir sejumlah resto dan PKL banyak yang menjual masakan cina di penjuru kota.

Masakan ini sangat mudah untuk dibuat, cepat, dan tentu saja lezat. Tak ketinggalan, Chinese food mudah untuk dibuat. Sekadar untuk hidangan bagi keluarga maupun untuk sajian di acara-acara tertentu.

Untuk menjajal di rumah, berikut sejumlah resep masakan Cina yang sederhana, dan sudah dirangkum melalui Merdeka.

Ayam Szechuan tergolong mudah. Siapkan Satu dada ayam. Lalu tambahkan bumbu marinasi, mulai satu sdm kecap manis, satu sdm kecap asin, satu sdm tepung maizena, satu sdm minyak wijen, 1/2 sdt merica bubuk.

Untuk bumbunya, siapkan dua siung bawang putih, cincang. Satu ruas jahe, memarkan, satu sdm cabai Szechuan (boleh diganti dengan bubuk cabai), empat buah cabai merah, potong-potong, kacang mede goreng secukupnya.

Bumbu sausnya beri satu sdm kecap manis, satu sdt kecap asin, satu sdt saus tiram, satu sdt saus tomat, satu sdt minyak wijen, satu sdt gula pasir, dan Air secukupnya.

Cara membuatnya pun cukup mudah. Potong-potong dada ayam dan rendam dalam bumbu marinasi. Biarkan selama 15 menit agar bumbu meresap. Tumis ayam hingga matang dengan sedikit minyak. Angkat dan sisihkan.

Tumis bawang bombai hingga layu. Masukkan bawang putih dan jahe, tumis hingga harum dan kecokelatan. Masukkan cabai Szechuan dan cabai merah, tumis sebentar untuk membuat minyak cabai.

Tuang saus dan aduk rata hingga meletup-letup, masukkan ayam dan kacang mede, aduk rata. Angkat dan siap sajikan.

Ada juga resep menu ringan lainnya mulai dinsum ayam, fuyunghai, kewtiau goreng, dan nasi ayam hainan, yang bisa diintip di sini.

Artikel Lainnya