YouTuber Review Kacamata, Eiger Nggak Terima, Kirim 'Surat Cinta' Minta Video Dihapus, Warganet Unggah Produk Consina

Nyedulur
  • 3 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Tangkapan Layar.

Dunia maya digegerkan dengan manajemen Eiger yang buka-bukaan. Pihak manajemen mengakui kerap mengirim surat keberatan kepada konsumen mereka. Salah satu surat tersebut dikirim kepada Dian Widyanarko seorang reviewer di YouTube.

Dian kemudian mengunggah ‘surat cinta’ tersebut ke Twitter dengan akun @duniadian. Tak pelak surat tersebut menjadi viral. Trending di twitter. Unggahan tersebut dikomentari sebanyak 13 ribu dan disuaki 74 ribu warganet.

Rata-rata warganet menyerang keputusan Eiger yang dianggap blunder. Terlebih Dian me-review produk Eiger dengan baik.

Dian diminta untuk menghapus (take down) konten. Alasannya konten video kurang bagus menurut Eiger, dan menyebabkan produk tidak sesuai. Namun Dian menolak menghapus review produk di channel YouTube.

Pihak manajemen mengakui salah. CEO Eiger, Ronny Lukito, langsung menyampaikan permintaan maaf kepada publik terkait surat keberatan perusahaan yang ditujukan kepada Dian. Pihaknya mengakui cara yang mereka lakukan selama ini salah.

Namun pihak perusahaan membela diri. Pihak Eiger hanya ingin memberi saran kepada kreator konten agar membuat ulasan produk yang lebih baik.

“'Kami sadari, apa yang kami lakukan tidak tepat dan salah. Sejatinya maksud dan tujuan kami adalah untuk memberikan masukan kepada reviewer agar lebih baik lagi. Tetapi sekali lagi, kami menyadari bahwa penyampaian kami salah,'' kata Ronny dalam pernyataan resmi, yang dikirim Kamis 28 Januari 2021.

 

Warganet kemudian menyindir sikap Eiger dengan mengunggah sejumlah produk kompetitor. Seperti yang dilakukan pemilik @windaaaayu. Dia menulisdi kolom komentar permintaan Eiger dengan, "Whatever, I'm still consina".

Pemilik akun @ErlanggaAcd juga membalas di kolom komentar Eiger, “Whatever for eiger, saya tetep sama consina dan deuter”.

Adapun @sendalsualo menyindir Eiger dengan mengunggah surat permintaan upload dari produk 3second.

Menurut Wikipedia, Eiger didirikan Ronny Lukito pada 1993. Sementara Harian Kompas menulis Eiger berdiri tahun 1979 di Bandung.

Artikel Lainnya