Ya Tuhan, Pesawat Jatuh di Indonesia Tertinggi di Asia, Kapan Bisa Keluar dari Krisis?

Nyedulur
  • 3 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Basarnas.

Jatuhnya pesawat Sriwijaya Air menambah panjang kecelakaan transportasi udara. Malahan Indonesia menjadi salah satu negara dengan kecelakaan pesawat terbanyak di Asia. Waduh.

Berdasarkan catatan Aviation Safety Network melalui CNN Indonesia, sudah 104 insiden sejak 1946. Atau satu tahun sejak merdeka. Angka ini menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara dengan penerbangan sipil terburuk di Asia.

Dalam catatan itu, tingginya kecelakaan di Indonesia disebabkan masalah manusianya. Semisal ketidakcakapan pilot, kegagalan mekanis, kontrol lalu lintas udara, dan perawatan pesawat yang buruk.

Berdasarkan catatan AP Indonesia telah memperbaiki sistem. Tapi tetap saja, insiden jatuhnya pesawat tidak bisa dihindari. Penyebabnya masalah geografis, ekonomi, dan sosial.

Amerika Serikat pernah melarang seluruh airlinenya beroperasi di Indonesia 2007-2016. Larangan itu disebabkan masalah keselamatan yang belum membaik.

Indonesia dianggap kurang memiliki tenaga teknis terampil, personel terlatih, prosedur pencatatan dan pemeriksaan penerbangan yang memadai. Larangan itu diikuti Uni Eropa pada 2007 hingga 2018.

Indonesia telah mengalami 153 kecelakaan fatal. Dari jumlah itu korban tewas terhitung 3.039, sejak 1946-2020. Indonesia sempat mengalami masa buruk ketika mengalami tujuh kecelakaan penerbangan di tahun 2009 dan enam insiden pada 1988.

Ini daftar kecelakaan fatal yang pernah terjadi di Indonesia. Sekaligus perbandingan dengan sistem keselamatan transportasi udara di negara tetangga. Kita kalah jauh. Jauh sekali.

Artikel Lainnya