Ya Ampun, Pengiriman Vaksin AstraZeneca Tertunda, Nasib Dosis Kedua Bagaimana, Dong?

Nyedulur
  • 19 hari yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST.

Indonesia mendapat pasokan vaksin virus corona dari AztraZeneca sebanyak 11,7 juta dosis. Sementara vaksin yang sudah diterima per 8 Maret baru mencapai 1,1 jua dosis. Artinya masih ada 10,6 juta dosis yang akan dikirimkan.

Celakanya, vaksin AztraZeneca yang akan dikirim ke Indonesia melalui skema COVAX-GAVI Facility tertunda. Waduh.

Penundaan tersebut disebabkan embargo vaksin akibat lonjakan kasus Covid-19, terutama negara yang memproduksi vaksin AstraZeneca. Padahal rencana pengiriman selanjutnya dilakukan 22 Maret dan April 2021 mendatang.

Mengutup Liputan6, Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin menjelaskan bahwa masih punya cukup waktu untuk mempersiapkan penyuntikkan vaksin AstraZeneca dosis kedua.

“Vaksin AstraZeneca yang sudah digunakan itu semuanya first shoot (penyuntikkan dosis pertama). Interval penyuntikkan beda dengan Sinovac rentang 2-4 minggu, sedangkan AstraZeneca 8-12 minggu sampai suntikan kedua,” kata Menkes ditulis Senin, 29 Maret 2021.

“Jadi, kalau ini suntikannya kita habiskan (dosis pertama), kita pasti akan punya waktu cukup untuk (persiapan) second shoot-nya (suntikan kedua),” Menkes melanjutkan.

Situasi embargo vaksin di negara produsen vaksin, salah satunya India, menurut Budi Gunadi Sadikin, berdampak terhadap ketersediaan vaksin AstraZeneca yang dipegang COVAX-GAVI. Jumlah vaksin AstraZeneca menjadi berkurang.

“Yang 'nyangkut' ini kan AstraZeneca dari COVAX-GAVI. COVAX-GAVI cara membagikannya (mengirimkan vaksin ke negara-negara lain), mereka melihat total (ketersediaan yang dimiliki) vaksinnya berapa,” terangnya.

“Kemudian dibagi (untuk dikirimkan ke negara-negara lain). Karena ada embargo, totalnya (vaksin AstraZeneca) berkurang jauh, sehingga ketika dibagi ya jumlahnya berkurang,” lanjutnya.

Kementerian Kesehatan bersama Kementerian Luar Negeri akan melobi COVAX-GAVI dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Lobi ini diharapkan mendapat kepastian Indonesia menerima kiriman vaksin AstraZeneca. Diharapkan Mei 2021, vaksin AstraZeneca setidaknya bisa dikirim ke Indonesia.

Artikel Lainnya