Ya Ampun, Patung Perdana Menteri Israel Dipajang Bugil dalam Posisi Buang Air Kecil, Kok Bisa, Sih?

Nyedulur
  • sebulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: an tv/Reuters.

Benjamin Netanyahu merupakan sosok berpengaruh di Israel. Saat ini dia menduduki jabatan sebagai Perdana Menteri, dan tengah menjadi buah bibir masyarakat. Sebabnya, sebuah patung perunggu setinggi 5 meter yang sangat mirip dengannya.

Celakanya patung ini nyeleneh. Jika biasanya patung tokoh negara digambarkan gagah berani, kali ini agak berbeda. Patung itu seolah sedang berjongkok dengan posisi buang air.

Dilansir dari AN tv, patung bugil tersebut terletak di Lapangan Habisa di Tel Aviv, dan belum diketahui seniman pembuatnya.

Tetapi dia tampaknya menyiapkan meja di dekat karyanya, bersama makanan ringan untuk menarik perhatian orang yang lewat dan memantau reaksi mereka.

Patung itu akhirnya dibawa pergi oleh petugas kota. Polisi telah menginterogasi para pengamat tentang apakah mereka memiliki informasi tentang siapa yang bertanggung jawab atas pekerjaan tidak sah tersebut.

Foto-foto menunjukkan polisi memasang penghalang di sekitar patung sebelum dipindahkan.

Instalasi berumur pendek itu rupanya telah memancing emosi warga Tel Aviv. Beberapa terlihat memotret patung itu, sementara yang lain memberi isyarat dengan marah padanya.

Ini bukan pertama kalinya Netanyahu menjadi inspirasi bagi para seniman. Pada Desember lalu, polisi memindahkan patung enam ton demonstran anti-Netanyahu yang ditempatkan di dekat kediaman sang PM.

Pada 2016, sosok emas Netanyahu seukuran manusia muncul di tengah Tel Aviv. Baik karya ini dan 2020 dikaitkan dengan seniman Israel, Itay Zalait, yang mengatakan itu adalah bentuk protes politik.

Tampilan artistik terbaru muncul hanya seminggu sebelum orang Israel kembali ke tempat pemungutan suara untuk menentukan nasib Netanyahu.

Perdana menteri terlama Israel menghadapi pemungutan suara pada 23 Maret, setelah pemerintah koalisinya runtuh pada Desember karena penolakannya untuk menyetujui anggaran 2021.

Artikel Lainnya