Ya Ampun, Kunjungan Jokowi ke NTT Disorot, Berisiko Tularkan Virus, Pakar: Kurang Tepat Jadi Teladan Nasional

Nyedulur
  • 2 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Kumparan/Presidential Palace.

Kunjungan kerja Presiden Joko Widodo ke Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa 23 Februari 2021 menjadi sorotan. Masalahnya kunjungan tersebut menciptakan kerumunan. Terlebih kunjungan kerja seorang presiden telah disusun jauh sebelumnya.

Sorotan disampaikan pengurus Pusat Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Hermawan Saputra. Dia menilai kerumunan tersebut kurang tepat untuk menjadi teladan nasional.

“Ini contoh kurang pas. Karena situasi pandemi Covid-19 harusnya membatasi mobilitas. Tapi begitu ada mobilitas presiden dan akhirnya ada kerumunan, ini preseden yang kurang tepat untuk teladan nasional,” kata Hermawan dikutip dari CNN Indonesia, Kamis 25 Februari 2021.

Hermawan mengatakan kerumunan di tengah pandemi virus corona sangat berisiko menularkan virus corona. Tak terkecuali dengan kerumunan yang ditimbulkan dari kunjungan kerja Jokowi tersebut.

Dia meyakini aktivitas Jokowi di tengah pandemi tak terjadi kebetulan. Sebab, kunjungan presiden ke daerah pasti terstruktur dan direncanakan dengan baik.

“Kerumunan di kala pandemi Covid-19 seperti saat ini, kita tidak bisa membedakan, ya. Apapun penyebab, apapun sumber yang mengakibatkan kerumunan itu, tetap saja namanya kerumunan," ujarnya.

Di sisi lain, Hermawan menyayangkan protokoler presiden dan pemerintah daerah yang tak sigap meminimalisir kerumunan warga. Menurutnya, protokoler presiden dan pemerintah daerah seharusnya bisa mengantisipasinya.

“Ini bukan persoalan menyalahkan presiden, tapi protokolnya termasuk pemda seharusnya bisa mengantisipasi. Bahwa masyarakat pasti akan ramai kalau ada presiden,” Hermawan menambahkan.

Kritik sebelumnya juga disampaikan Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera. Dia menyebut Presiden Jokowi sebagai pemimpin seharusnya bisa menjadi teladan dari pelaksanaan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

“Tiap kita wajib jaga protokol kesehatan di masa pandemi. Pemimpin lebih utama lagi untuk menjadi contoh. Pak Jokowi menjadi figur puncak sebagai teladan,” kata Mardani.

Sebelumnya video kunjungan kerja Jokowi ke NTT telah beredar di media sosial. Pemilik akun twitter @partaisosmed misalnya telah membagikan video berdurasi 16 detik pada 24 Februari 2021 sekitar pukul 20.37.

Artikel Lainnya