Ya Ampun, Diabetes Bukan hanya Disebabkan Makanan, Gaya Hidup, dan Keturunan, Sebab Lain Jauh Mengerikan

Nyedulur
  • 8 hari yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST.

Perubahan iklim membuat suhu udara dan curah hujan menjadi tidak menentu. Selain itu, perubahan iklim juga membawa pengaruh terhadap bencana alam, habitat, dan kesehatan manusia.

Pada umumnya perubahan cuaca yang ekstrim seperti hujan kencang dapat menimbulkan penyakit flu atau batuk. Namun perubahan iklim bisa membawa pengaruh pada kesehatan lain.

Bahkan bisa lebih parah dan mematikan. Serem. Salah satunya risiko terkena diabetes! Kok bisa?

Mengutip CNN Indonesia dokter spesialis penyakit dalam, Rudy Kurniawan mengatakan bahwa banyak penelitian yang menyebut hubungan antara perubahan iklim dan risiko diabetes.

Perubahan iklim (climate change) disebabkan baik secara langsung atau tidak langsung oleh aktivitas manusia.

Urbanisasi, alih fungsi lahan hutan menjadi area perkebunan atau perumahan, serta penggunaan bahan bakar yang tidak ramah lingkungan menjadi satu dari sekian banyak penyebab perubahan iklim.

Akibatnya, terjadi peningkatan gas rumah kaca di lapisan atmosfer bumi. Penebalan lapisan atmosfer menyebabkan pemanasan global yang kemudian berdampak pada perubahan masa panen.

Jika masa panen berubah sehingga kestabilan pangan terganggu, maka orang cenderung memilih makanan instan yang biasanya kurang menyehatkan.

"Jadi, secara tidak langsung (indirect), perubahan iklim mengganggu kestabilan pangan. Di beberapa daerah, iklim ini sangat berpengaruh pada waktu panen atau waktu produksi sumber pangan. Ketika berubah, orang cenderung memilih makanan instan,” kata Rudy.

Padahal, biasanya makanan instan mengandung terlalu banyak gula, garam, dan lemak. Ketiga zat ini tentunya tidak menyehatkan ketika dikonsumsi terus menerus.

Rudy juga menjelaskan secara tidak langsung, perubahan iklim menyebabkan sumber daya yang dibutuhkan untuk membuat alat kesehatan akan berkurang. Terutama alat kesehatan untuk cek gula darah, dan pembuatan insulin yang amat diperlukan bagi pasien diabetes.

“Karena ekosistem terganggu, sumber daya untuk membuat alat kesehatan seperti untuk supply gula darah, dan insulin, juga terganggu,” katanya.

Artikel Lainnya