nyedulur.com

Ya Ampun, Awet Banget Banjir di Kabupaten Mojokerto, Lima Desa Terendam, Ini Penyebabnya

Nyedulur
  • 2 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Suara.com.

Beberapa desa di Mojokerto sulit menghindari banjir. Beberapa waktu lalu luapan sungai Avour Watudakon menyebabkan banjir di Desa Tempuran. Penyebabnya curah hujan yang masih tinggi.

Kali ini banjir masih betah berada di Kabupaten Mojokerto. Setidaknya lima desa dari empat kecamatan dikepung banjir. Penyebabnya adalah luapan air yang tidak bisa ditampung saluran irigasi. Dampaknya luberan air masuk ke pemukiman.

Dikutip dari Suara, catatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat menyebutkan tidak hanya rumah yang dikepung banjir. Fasilitas umum yang meliputi jembatan dan jalan digenangi air.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Mojokerto, Muhammad Zaini mengatakan, hujan di wilayah Kabupaten Mojokerto, khusunya wilayah hulu terjadi pada, Minggu 17 Januari 2021.

“Dampaknya terjadi peningkatan debit air di beberapa sungai dan meluber di jalan dan pemukiman warga,” katanya, Senin 18 Januari 2021.

Masih kata Zaini, di Kelurahan Wonokusumo Kecamatan Mojosari setidaknya ada 20 rumah warga terdampak banjir. Yakni di RT 12 RW 3, saluran irigasi yang tidak memadai menjadi penyebab. Begitu juga di Desa Seduri Kecamatan Mojosari.

“Di Desa Seduri, luapan banjir terjadi di RT 01 RW 01. Ada lima rumah terdampak dengan ketinggian air 10 cm dan di jalan antara 40-50 cm,” Zaini menjelaskan.

Lima desa yang sejauh ini terkepung banjir ada di tautan berikut.

Artikel Lainnya