Wuik, Aliran Dana Asing ke Rekening FPI Terendus, Kesimpulannya Apa?

Nyedulur
  • 3 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Media Indonesia.

Belum lama ini pemerintah membuka kedok aliran dana asing ke rekening FPI. Hal itu terungkap setelah Menkopolhukam Mahfud MD berbicara. Dia mengaku mengantongi data dari Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).

Hal itu dibenarkan Kepala PPATK, Dian Ediana Rae. Namun Dian belum bisa mengambil kesimpulan apa-apa soal adanya dana asing yang masuk ke rekening FPI.

“Tapi kan belum berarti bisa disimpulkan apa-apa,” kata Dian saat mengutip Detik.

Menurutnya, adanya dana yang berasal dari luar negeri merupakan hal wajar. Terlebih saat ini interaksi antara ormas dengan dunia luar sudah biasa dilakukan.

“Transaksi ke luar negeri biasa juga dilakukan ormas lain, biasa saja terjadi di dunia yang semakin global ini,” ucapnya.

Menurut Dian, PPATK harus melakukan penelitian yang komprehensif dalam menyelidiki suatu transaksi. Menurutnya, penelitian transaksi keuangan tidak hanya dilakukan terhadap FPI.

“Analisis dan pemeriksaan PPATK harus komprehensif, termasuk transaksi dalam dan luar negeri, bukan hanya untuk FPI, setiap kasus apapun yang kami tangani,” Dian menjelaskan.

Dian mengaku pihaknya belum dapat menyampaikan hasil analiss yang dilakukan PPATK terhadap transaksi yang dilakukan di rekening FPI.

Sementara pihak FPI menolak dana asing tersebut digunakan untuk aksi teorisme. Ini kata Aziz Yanuar.

Artikel Lainnya