nyedulur.com

Wow! Rebusan Air Serai Bermanfaat untuk Kesehatan, Simak Ulasannya

Kompas
  • 4 bulan yang lalu
  • arief

Indonesia memiliki kekayaan rempah yang bisa digunakan sebagai bumbu dapur. Berdasarkan hasil penelitian, rempah yang kita miliki juga bermanfaat bagi kesehatan.

Sebut saja serai atau sereh. Tanaman ini kerap digunakan sebagai bumbu soto. Baik soto ayam khas Lamongan maupun soto Sulung khas Madura.

Selain digunakan sebagai bumbu, serai juga bisa dimanfaatkan sebagai minuman. Lemongrass tea atau teh serai. Minumuan ini cukup populer di sejumlah kafe, kedai, maupun toko jamu modern.

Serai juga bisa digunakan mengobati batuk. Sejumlah warga Jawa Timur mencampurkan serai dengan adas, kapulaga, kayu manis, cengkih dan jahe untuk meredakan batuk.

Melansir Kompas, air rebusan serai banyak manfaatnya. Salah satunya untuk meningkatkan kesehatan mulut dan gigi. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak serai mampu mencegah pertumbuhan bakteri yang menyebabkan gigi berlubang

Serai juga dapat membantu meredakan kecemasan. Dengan menghirup serai dalam bentuk minyak esensial dapat meredakan masalah kecemasan.

Rebusan serai juga bisa mengatasi kembung, mencegah infeksi, menurunkan kolestrol, meningkatkan jumlah sel darah merah, dan mengatasi diare. Mungkin Anda memiliki refrensi kesehatan berbahan serai, boleh berbagi di tautan berikut.

Artikel Lainnya