Wow, Pabrik Bir Tertua di Dunia Ditemukan di Mesir, Usianya Capai 5.000 Tahun, Dibangun di Era Raja Narmer

Nyedulur
  • 4 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: BBC Indonesia/EPA.

Weihenstephan diketahui sebagai pabrik bir tertua di dunia. Perusahaan bir yang ada di Jerman itu diketahui memulai produksi bir pada tahun 1040. Bahkan hingga saat ini masih hadir melayani masyarakat Jerman.

Tapi itu bukan pabrik bir tertua. Ada yang jauh lebih tua. Pabrik bir tertua baru-baru ini ditemukan di Mesir dan usianya diperkirakan mencapai 5.000 tahun.

Mengutip Detik, sebuah tim gabungan yang terdiri atas arkeolog dari Mesir dan Amerika Serikat menemukan tempat pembuatan bir di Abydos, sebuah wilayah kuburan kuno di gurun.

Mereka menemukan sejumlah unit berisi sekitar 40 panci yang digunakan untuk memanaskan campuran biji-bijian dan air untuk membuat bir.

Tempat pembuatan bir tersebut kemungkinan besar berasal dari era Raja Narmer, menurut Dewan Tertinggi Purbakala.

Dikatakan pihaknya meyakini penemuan itu sebagai tempat pembuatan bir dengan tingkat produksi tinggi yang tertua di dunia.

Raja Narmer memerintah lebih dari 5.000 tahun yang lalu. Dia mendirikan Dinasti Pertama dan dianggap telah mempersatukan Mesir.

Tempat pembuatan bir itu terdiri atas delapan area besar, masing-masing berukuran sepanjang 20 meter dan berisi sekitar 40 pot tembikar yang disusun dalam dua baris, menurut Sekretaris Jenderal Dewan Purbakala Mesir, Mostafa Waziry.

“Campuran biji-bijian dan air yang digunakan untuk membuat bir dipanaskan di dalam tong, dengan setiap baskom ditahan dengan tuas yang terbuat dari tanah liat yang ditempatkan secara vertikal dalam bentuk cincin,” katanya.

Well, ternyata bir sudah ada sejak 5.000 tahun silam, gaes. Pasti penasaran dengan rasa dan kadar alkoholnya.

Artikel Lainnya