Wow, Manfaat Buah Jambu Biji Benar-benar Ampuh, Bukan Sekadar Dibuat Jus Segar, Bagus untuk Kesehatan Jantung

Nyedulur
  • 9 hari yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Healthline.

Manfaat buah tropis yang ada di Indonesia cukup besar bagi kesehatan. Sebut saja jambu biji atau biasa djuga disebut jambu klutuk. Buah ini mudah tumbuh dan kerap ada di halaman rumah-rumah penduduk, baik di pedesaan hingga kota.

Nggak perlu lama-lama. Bukan hanya buahnya, daun jambu biji juga bisa dimanfaat untuk suplemen.

Adapun manfaat buahnya dapat menurunkan tekanan darah, membantu pengobatan demam berdarah hingga memiliki zat antikanker.

Selain itu, buah yang kaya kandungan vitamin C, potasium, serat, dan antioksidan ini memiliki manfaat kesehatan yang jarang diketahui masyarakat. Apa saja sih? Berikut informasi yang sudah didapat dari Okezone.

Ilmuwan percaya jika kadar antioksidan yang tinggi dan vitamin pada jambu biji bisa membantu menjaga kesehatan jantung dari kerusakan akibat radikal bebas. Kadar kalium dan serat larutnya juga diduga berperan untuk meningkatkan kesehatan jantung.

Selain itu, jambu biji adalah sumber serat makanan yang baik dan satu buahnya sudah bisa memenuhi kebutuhan serat harian. Maka dari itu, mengonsumsi lebih banyak jambu biji dapat membantu pergerakan usus yang sehat dan mencegah sembelit.

Satu buah jambu biji mengandung 37 kalori dan berbagai kebutuhan serat harian. Sangat cocok dijadikan camilan sehat karena mengandung banyak vitamin dan mineral.

Tak hanya itu, jambu biji adalah sumber vitamin C yang sangat bagus dan tinggi. Vitamin C di dalam buah berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Terkait dengan manfaat antimikrobanya, kombinasi ini bisa membantu membunuh bakteri dan virus jahat yang menyebabkan infeksi.

Beragamnya vitamin dan antioksidan yang dikandung dalam jambu biji sangat bagus untuk kulit. Antioksidan berperan untuk menghindari kerusakan pada kulit, memperlama penuaan, dan mencegah kerutan.

Apakah sudah menanam jambu biji di halaman rumah?

Artikel Lainnya