Wow! Kurma Punya Banyak Manfaat, Bagus untuk Kesehatan Jantung

Nyedulur
  • sebulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Thumb.

Bulan Ramadan identik dengan kurma. Buah ini kerap dikonsumsi Nabi Muhammad SAW ketika menjalankan ibadah puasa wajib maupun sunah. Maklum, buah ini memiliki rasa yang manis dan mengenyangkan. 

Tak heran bila kurma kerap disuguhkan untuk menu berbuka puasa. Selain itu, buah khas Timur Tengah ini juga menjadi hidangan di kala lebaran.

Tapi, tidak ada salahnya mengonsumsi kurma di luar bulan Ramadan lantaran manfaatnya cukup banyak. Kurma dipercaya punya sumber nutrisi yang kaya akan karbohidrat, Vitamin B6, Kalium, hingga magnesium.

Mengutip Pemprov Sumatra Barat, kurma seringkali dikategorikan sebagai makanan pencuci perut. Itu sebabnya kurma dianjurkan dikonsumsi penderita konstipasi.

Untuk mencapai efek pencuci perut yang diinginkan, rendamlah kurma dalam air semalam. Kemudian, makan kurma yang telah direndam, sehingga menjadi seperti sirup untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Kandungan mineral yang sangat tinggi pada buah kurma menjadikannya makanan super untuk memperkuat tulang dan melawan penyakit seperti osteoporosis.

Kandungan lain dalam kurma adalah selenium, mangan, tembaga, dan magnesium. Seluruhnya merupakan komponen pertumbuhan dan kekuatan tulang. Khususnya bagi orang-orang yang mulai 'berumur' dengan kondisi tulang mulai melemah.

Gaes, kandungan mineral dalam kurma sangat tinggi. Manfaatnya untuk bermacam kondisi kesehatan. Namun kandungan zat besi yang tinggi pada kurma menjadikannya suplemen diet bagi penderita anemia.

Kurma juga baik untuk meningkatkan energi dan tenaga. Pada saat bersamaan bisa mengurangi lemah, letih, lelah dan lesu.

Tak hanya itu, kurma bisa menjaga kesehatan jantung. Caranya sederhana. Cukup merendam kurma dalam semalam, kemudian ditumbuk pada pagi hari, lalu dimakan untuk mendapat hasil positif pada jantung yang lemah. 

Artikel Lainnya