nyedulur.com

Wow! Jakarta Bebas Macet, Keluar dari Daftar Kota Besar Termacet di Dunia, Apa Rahasianya?

Nyedulur
  • 2 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Sindonews.

Pernah nggak punya pengalaman terjebak macet di Jakarta? Pasti mengomel. Belum lagi diburu waktu sekadar memenuhi janji. Belum lagi kemacetan disebabkan banjir, kecelakaan atau demonstrasi kelompok massa.

Gambaran itu sebetulnya tidak hanya di Jakarta atau Surabaya. Sejumlah kota-kota besar di dunia juga mengalami hal serupa. Kemacetan menjadi polemik warganya. Umpatan dan omelan kerap keluar.

Akan tetapi, tahukah Anda jika Jakarta telah keluar dari 10 kota paling macet di dunia. Pengumuman itu disampaikan Tom Tom Traffic melalui Kompas belum lama ini

Menurut data yang diolah Tom Tom, Jakarta memiliki level kemacetan atau congestion level 36 persen. Jumlah tersebut turun dari 2019 yang membuat Jakarta keluar dari posisi ke-10 dan bergeser di urutan ke-31.

Pada 2020, posisi 10 besar kota termacet mengalami pergeseran. Kali ini ibu kota Rusia, Moskow menyandang predikat sebagai kota termacet di dunia dengan level 54 persen.

Peringkat kedua, ditempati Mumbai (India) dengan 53 persen, Bogota (Kolombia) dengan level 53 persen, Manila (Filipina) 53 persen, dan posisi ke lima Istanbul (Turki) dengan 51 persen kemacetan.

Urutan keenam Bengaluru (India) 51 persen, Kyiv (Ukrania), New Delhi (India) di 47 persen, Novosibirsk (Rusia) 45 persen, dan posisi 10 ditempati Bangkok (Thailand) dengan tingkat kemacetan 44 persen.

Berdasarkan hasil tersebut, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui akun instagram @disubdkijakarta, mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat di Ibu Kota.

“Menurut Tom Tom Traffic Index terbaru, Jakarta keluar dari 10 besar kota termacet di dunia. Kini, Jakarta berada di posisi ke 31 dari total 416 kota lain, yang berarti kemacetan semakin berkurang,” " tulis akun tersebut.

Bersama dengan PT Jasamarga Tollroad Maintenance (JMTM), Jasamarga Metropolitan Tollroad kembali melaksanakan pekerjaan perbaikan dan perkuatan konstruksi jembatan di ruas Jalan Tol Jagorawi.

Lokasi pengerjaan akan berlangsung di dua titik, baik untuk arah Jakarta maupun Ciawi. Sementara untuk pelaksanaannya, dimulai sejak 17-23 Januari 2021. Mau lihat detailnya?

Beruntungnya situasi saat ini tengah pandemi virus corona, yang memaksa mengurangi aktivitas di jalan maupun kantor. Warga memanfaatkan bekerja di rumah. 

Artikel Lainnya