nyedulur.com

Wow! Indonesia Memiliki Pohon Eukaliptus Pelangi Terindah di Dunia

kemenkominfo
  • 5 bulan yang lalu
  • arief

Ada banyak jenis pohon eukaliptus yang tumbuh di Indonesia. Tetapi satu pohon yang paling banyak dicari, yakni jenis pelangi. Sebab jenis pohon ini memiliki gradasi warna yang berbeda dengan eukaliptus pada umumnya. Tanaman ini kerap dijadikan obyek fotografi oleh wisatawan asing maupun dalam negeri.

Dikutip dari Indonesia.go.id yang dikelola Kementerian Komunikasi dan Informatika, pohon eukaliptus pelangi bisa tumbuh di lima daerah. Yakni di Papua, Pulau Seram, Maluku, dan Sulawesi.

Satu lagi di Bondowoso. Tepatnya di Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Sumberwringin. Lokasinya di Desa Wringinanom, Kecamatan Sukosari. Dari pusat kota, hutan seluas 23,6 hektare ini bisa ditempuh dengan perjalanan darat, kurang lebih satu jam 15 menit.

Hutan Sumberwringin adalah hutan buatan yang dibangun pada tahun 1937. Hutan ini memiliki iklim tipe B, dengan curah hujan sebesar 2.400 milimeter per tahun.

Tak hanya pohon pelangi saja yang ditanam di hutan ini. Terdapat 3.879 pohon dari 59 jenis telah ditanam di hutan Sumberwringin. Eukaliptus termasuk pohon tertua yang ditanam di hutan ini. Termasuk pinus dari Sumatra dan Australia yang ditanam sejak 83 tahun silam.

Keunikan pohon ini adalah empat warna yang menempel secara alamiah. Merah, biru, hijau, kuning, cokelat. Kadang-kadang terdapat warna lain di pohon cantik ini. Warna itu menempel mulai dari akar hingga pucuk tertingginya.

Pohon eukaliptus pelangi atau istilah ilmiahnya eucalyptus deglupta. Artinya kayu putih yang mengelupas. Bisa juga disebut rainbow eucalyptus.

Eukaliptus pelangi ini menjadi daya tarik utama di hutan Sumberwringin. Selain memiliki gradasi warna menakjubkan, juga menjadi salah satu pohon yang paling sering dicari. Kebanyakan untuk kebutuhan fotografi di media sosial.

Tinggi pohon rata-rata 70 meter dengan berdiameter 2,5 meter. Pengunjung banyak menjadikan pohon ini sebagai latar foto karena keindahannya. Bahkan pohon eukaliptus pelangi disebut-sebut sebagai salah satu tanaman terindah dan menakjubkan di dunia.

Artikel Lainnya