Wow! Duit Rp10 Juta Bisa Beli Mobil, Ini Daftar Mobil yang Layak, Ada Sedan

Nyedulur
  • 2 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST.

Memiliki mobil menjadi gengsi dan kebanggaan. Setidaknya bisa mengangkat status sosial, baik di kantor maupun di tengah masyarakat.

Tapi untuk mendapatkan mobil dibutuhkan duit yang cukup. Nah, bagaimana dengan low budget, apa bisa beli mobil?

Tak usah khawatir. Saat ini banyak mobil bekas yang menawarkan harga relatif murah. Malahan harganya mulai dari Rp10 juta hingga Rp20 jutaan saja. Tertarik?

Perlu menjadi catatan, Anda harus hati-hati dan jeli saat memilih mobil. Apalagi mobil yang akan Anda beli usianya sudah uzur. Alias bekas. Misalnya mengecek kondisinya yang meliputi mesin hingga bagian kaki-kaki.

Sebab dengan harga di bawah Rp 30 juta, bisa dipastikan mobil tersebut sudah berumur. Berikut beberapa mobil bekas di harga Rp10-Rp20 juta yang dirangkum dari Carmudi.

Walau usianya pendek, Indonesia pernah punya mobil nasional dengan merek Timor. Nama “Timor” itu adalah singkatan Teknologi Industri Mobil Rakyat. Model yang beredar di pasaran antara lain tipe S515.

Pada waktu diluncurkan tahun 1996 sedan ini ditawarkan dengan harga Rp35 jutaan. Dan untuk saat ini, Timor S515 pun masuk dalam salah satu mobil murah dengan harga Rp20 juta-an.

Timor S515 punya desain bodi yang mengikuti zaman untuk mobil seusianya. Sekilas mirip Toyota Great Corolla. Mesinnya menggunakan sumber tenaga 4-silinder berkapasitas 1.988 cc.

Dilihat dari berbagai platform lokapasar digital, Timor S515 bekas ada yang mulai dijual dari harga Rp 23 jutaan.

Bagi Anda yang suka jenis sedan, duit Rp 20 jutaan sudah bisa mendaatkan Suzuki Esteem. Mobil yang dibangun menggunakan basis Suzuki Amenity ini memiliki tampilan kental nuansa 1990-an.

Bodinya terlihat boxy. Berbeda jauh dengan rival-rivalnya, seperti Toyota Great Corolla atau Honda Civic Genio.

Suzuki Esteem memiliki dua pilihan mesin, meliputi mesin 1.300 cc dan 1.600 cc. Keduanya sama-sama masih menggunakan karburator untuk suplai bahan bakarnya. Mesin 1.600 cc milik Esteem identik dengan yang menempel pada Escudo.

Di situs web mobil bekas Carmudi, Suzuki Esteem dihargai mulai dari Rp 22 jutaan.

Mitsubishi Lancer SL merupakan generasi kedua dari “keluarga” Lancer. Di Indonesia, mobil ini terhitung sebagai generasi pertama yang dipasarkan secara resmi. Posisinya di pasar berada di bawah Galant Sigma.

Lancer SL hadir sebagai sedan compact dengan desain body yang boxy. Walau begitu tampilannya juga mencerminkan kesan sporty. Mobil ini banyak menjadi pilihan mereka yang hobi mengoleksi mobil lawas.

Walaupun ketersediaan onderdilnya enggak sebanyak mobil-mobil dari Toyota. Tapi di balik kap mesinnya, mobil ini menggendong dapur pacu 4-silinder dengan kapasitas 1.400 cc. Mitsubishi Lancer SL dibanderol mulai dari Rp18 jutaan.

Artikel Lainnya