Wow! Ada Kopi Luwak Secangkir Cuma Rp10 Ribu, Nggak Percaya? Intip Rahasianya

Nyedulur
  • 5 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Republika/Antara.

Kabar gembira bagi pecinta kopi luwak. Tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk menyeduh kopi premium ini. Siapkan duit pecahan Rp10.000 sudah bisa menyeduh secangkir kopi luwak! Murah banget.

Cobalah jalan-jalan ke Desa Sumberejo, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang. Catatan Kabar Jombang, di lokasi tersebut terdpat kedai milik Sulasmi yang menawarkan sensasi kopi luwak dengan harga yang sangat murah.

Kopi yang dijajakan di kedai milik Sulasmi ini merupakan produksinya. Sebab selain menjual, Sulasmi juga memiliki penangkaran luwak. Ada belasan ekor luwak yang diternak untuk membantu fermentasi produksi kopi.

Awalnya, Sulasmi mengaku hanya coba-coba membuat usaha produksi kopi dan penangkaran luwak. Sebab, saat itu, kopi luwak tidak memiliki pangsa pasar di Jombang dan sekitarnya.

Seiring perkembangan waktu, kopi luwak miliknya mulai dikenal banyak pelanggan. Bahkan, pengirimannya telah menembus Korea Selatan.

“Awalnya coba-coba saja, karena pasarnya tidak ada, akhirnya jual sendiri. dulu luwaknya beli, terus sekarang ternak dan beranak pinak,” ujarnya.

Sulasmi menuturkan, setiap tahun dia mampu memproduksi biji kopi luwak sekitar satu kuintal. Kopi yang berasal hasil fases musang alias luwak ini dinilai memiliki rasa yang lebih nikmat dibandingkan dengan kopi biasa.

Itulah yang membuat harganya sangat mahal. Beberapa kopi luwak yang diproduksinya, mulai dari kopi arabika, exselsa maupun robusta.

Penikmat yang datang ke kedai Sulasmi tidak hanya berasal dari Jombang. Namum juga banyak yang dari luar kota hingga mancanegara. Intip yuk.

Artikel Lainnya