Work From Home Bisa Buat Mata Lelah, Ikuti Cara Ini untuk Jaga Kesehatan dan Iritasi

Nyedulur
  • 2 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: All About Vision.

 

Sejak terjadinya pandemi Covid-19 membuat aktivitas mengalami pergeseran. Mulai dari penerapan kerja dari rumah atau work from home (WFH), belajar online, hingga penerapan physical distancing.

Praktis, segala pekerjaan yang dilakukan daring membuat mata senantiasa di depan layar. Baik laptop, PC maupun ponsel. Dampaknya mata menjadi mudah lelah. Akibatnya, tak sedikit orang yang menderita mata lelah hingga iritasi karena efek radiasi.

Mengutip CNN Indonesia, kondisi mata lelah sering ditemui di era digital saat ini. Meski tampak sepele dan bisa diatasi dengan cara sederhana, kondisi ini berpotensi membahayakan kesehatan jika berlarut-larut.

Contohnya, terlihat pada gejala sakit kepala, penglihatan buram, nyeri atau kaku di sekitar leher, bahu, dan punggung, hingga iritasi yang menyebabkan mata kering dan merah.

Untuk mengatasinya berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghindari gejala mata mata lelah demi jaga kesehatan mata saat WFH.

Kondisi mata lelah sering timbul ketika kita menghabiskan waktu secara intens untuk mengerjakan suatu pekerjaan dalam waktu panjang tanpa beristirahat.

Untuk menghindarinya, Anda dapat menerapkan metode 20-20-20, yaitu beristirahat setiap 20 menit.

Dengan mengubah fokus mata Anda dari layar ke objek lain yang berjarak 20 kaki (sekitar 6 meter) dari tempat bekerja. Kemudian lihatlah objek yang ada dalam waktu 20 detik.

Penting juga bagi Anda yang kesehariannya dihabiskan di depan layar. Nah, untuk menyeimbangkan aktivitas mata yang intens dengan aktivitas lain, perlu menyegarkan mata.

Seperti berjalan-jalan di luar ruangan dengan cahaya alami setelah menghabiskan waktu lama di depan layar.

Ketika Anda bekerja di depan layar secara intens, perlu untuk sering berkedip guna menghindari mata menjadi kering dan iritasi.

Selain itu, Anda juga dapat mengatasi mata kering dengan penggunaan obat tetes mata yang berfungsi sebagai air mata buatan. Cara sederhana ini dapat dilakukan untuk mencegah munculnya gejala mata lelah yang lebih parah.

Artikel Lainnya