nyedulur.com

Waspadai Tanaman Hias Ini, Ada Racunnya, Bisa Sebabkan Kematian

Kompas
  • 4 bulan yang lalu
  • arief

Memiliki lingkungan yang asri menjadi dambaan setiap orang. Untuk mendukungnya perlu menempatkan tanaman agar lebih segar. Selain itu, juga untuk menambah oksigen di lingkungan.

Namun harus hati-hati. Di balik keindahan tanaman hias, ada yang beracun. Bahkan mematikan. Tanaman yang mengandung racun ini ada juga yang tersebar di Indonesia.

Dilansir dari Kompas, dampak tanaman hias yang beracun bisa menyebabkan iritasi kulit, gangguan perut, dan rasa terbakar pada mulut serta tenggorokan.

Seperti bunga daffodil atau bunga narsis. Bunga ini berbentuk eceng gondok, bunga bakung atau bunga dafodil yang dipelihara dan mekar di dalam ruangan.

Namun, tanaman ini beracun jika tidak sengaja tertelan manusia atau hewan. Dampaknya timbul masalah pada perut, tekanan darah tinggi, detak jantung tidak teratur, hingga kematian.

Karena itu, simpan bunga dafodil di atas meja atau rak, agar sulit dijangkau oleh anak-anak. Hindari cahaya langsung, dan sirami tanaman secara berkala agar tanahnya senantiasa lembap.

Selanjutnya daun ivy. Ini jenis tanaman gantung yang banyak digemari pecinta tanaman hias. Tanaman merambat yang cocok digantungkan di rak buku atau tempat lain di dalam ruangan.

Tapi perlu hati-hati. Menelan daun ivy dalam jumlah besar bisa menyebabkan masalah serius. Semua bagian dari tanaman ini bisa memicu gejala iritasi kulit, tenggorokan terbakar, demam, dan ruam.

Daun ivy ini cenderung merambat ke bawah. Caranya agar aman, letakkan di tempat yang tinggi, jauh dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan. Agar tanaman mekar dengan indah, taruh di tempat dengan cahaya sedang dan menjaga tanahnya tetap lembap.

Masih ada kok tanaman indah tapi beraecun. Coba simak di sini.

Artikel Lainnya