nyedulur.com

Waspadai Siklus Bulanan, Monitor dan Ketahui Jenis Gangguan Menstruasi

Nyedulur
  • 3 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: John Hopkins Medicine

Tidak semua wanita memperhatikan siklus menstruasi yang dialami. Masalahnya siklus bulanan tersebut bisa datang lebih awal atau malah mundur. Penting memerhatikan siklus tersebut agar terhindar dari gangguan menstruasi.

Dikutip dari Liputan6, Spesialis Obstetric dan Ginekologi, dr. Kartika Coru, SpOG mengatakan bahwa gangguan menstruasi bisa dilihat dari empat hal. Yaitu masalah siklus, periode, disminore, dan metroragia.

Adapun gangguan menstruasi akibat kelainan periode disebut hipermenorea. Pendarahan yang dialami wanita umumnya bisa lebih dari 14 hari.

Kelainan siklus bisa berupa polimenorea. Di mana siklus haid terjadi sebelum 21 hari, jika lebih dari 35 hari disebut oligomenore. Bisa disebut amonorrhea bila tidak terjadi menstruasi selama tiga bulan.

Kelainan disminore berupa gangguan kesakitan atau nyeri parah di perut bawah. Hal ini biasa terjadi saat atau sebelum menstruasi.

Kelainan metroragia merupakan pendarahan di luar menstruasi. Sehingga pemahanan tentang gangguan menstruasi sendiri bisa disadari dengan mencatat siklus secara rutin dan benar.

Artikel Lainnya