Waspadai Perubahan Warna Kuku, Bisa Jadi Ada Gangguan Kesehatan Tubuh, Ini Penjelasannya

Nyedulur
  • 3 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST.

Kuku bukan sebagai pemanis jari kaki atau tangan. Organ tubuh ini juga memiliki fungsi lain. Semisal, untuk kuku jari tangan, bisa digunakan bermain gitar, atau melakukan pekerjaan lain. Dari sisi medis, kuku juga bisa melindungi jari.

Sejatinya, kuku bisa digunakan untuk memantau tanda-tanda kesehatan tubuh. Sebab kuku masih salah satu jaringan bagian dari kulit. Nah, jaringan tersebut terdiri atas suatu protein yang juga terdapat pada kulit dan rambut, yakni keratin.

Maka jangan pernah mengabaikan warna kuku kaki. Terutama bagi penggemar olahraga. Sedikit saja perubahan dari warna kuku kaki, bisa menjadi pertanda adanya masalah kesehatan.

Dr Dana Canysi, ahli bedah podatrik mengatakan bahwa kuku sehat memiliki daging yang padat dan warna merah jambu.

Selain itu, kuku yang sehat juga memiliki plat kuku yang tipis namun kuat, juga warna merah muda. Untuk lebih waspada terhadap bahaya kesehatan, berikut arti warna kuku yang kerap terjadi pada manusia, sebagaimana dikutip dari Kompas.

Jika kuku kaki berwarna ungu, ini mungkin disebabkan oleh hematoma subungual, atau memar di bawah dasar kuku.

“Pembuluh darah kecil mengalami pendarahan di bawah kuku sehingga warna kuku lebih gelap,” kata Dr Miguel Cunha, ahli podiatrik dari New York.

Menurutnya, kondisi ini disebabkan trauma pada kuku, seperti kejatuhan beda berat atau tersandung.

Ketika memar, kita memiliki dua opsi. Pertama adalah tidak melakukan apa-apa dan cukup membiarkan kuku yang sehat untuk tumbuh kembali. Nantinya secara bertahap mengganti kuku yang gelap dari waktu ke waktu.

“Tapi ini bisa memakan waktu, hingga beberapa bulan untuk menyelesaikan, karena kuku jari kaki hanya tumbuh satu milimeter per bulan,” Dr Cunha menambahkan.

Pilihan kedua, datang ke dokter untuk mengangkat kuku itu. Namun, pilihan ini hanya diperlukan jika kuku terasa sakit, yang terkadang terjadi karena tekanan darah yang terakumulasi di bawah lempeng kuku menjadi tidak normal dan berlebihan.

“Kuku ungu juga bisa menandakan masalah sirkulasi yang menyebabkan kuku menerima lebih sedikit oksigen daripada kebutuhannya,” kata Canuso.

Karena jaringan mungkin tidak mendapatkan darah yang dibutuhkan, Caruso mengatakan kemungkinan terjadi rasa sakit di jari kaki atau kuku.

Untuk mengobati gejala-gejala ini, kita harus mengobati penyebab masalah peredaran darah, yang berarti kita harus berkonsultasi dengan dokter.

Canuso mengatakan kuku berwarna kuning atau coklat bisa disebabkan oleh masalah pada sistem pernafasan atau sistem limfatik. Namun, hal ini juga sering terjadi karena komplikasi diabetes atau umumnya karena jamur kuku.

Perawatan terhadap kondisi ini sangat tergantung pada tingkat keparahan infeksi. Tapi, kita bisa meminta dokter untuk melakukan biopsi kuku guna mencari tahu tindakan selanjutnya.

Artikel Lainnya