Waspada, Tidak Mencuci Sarung Bantal Bisa Sebabkan Ganguan Kesehatan Kulit Wajah, Ngeri Dampaknya

Nyedulur
  • 19 hari yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST.

Menjaga kebesihan kamar tidur sangat penting. Apabila tidak dibersihkan bisa menimbulkan gangguan kesehatan. Malahan dampaknya bisa fatal.

Ada pandangan bila membesihkan sarung bantal dan guling cukup memakai pembersih debu. Pandangan ini tidak tepat, lantaran pembersih debu tidak menghilangkan kotoran seratus persen.

Salah satunya adalah sarung bantal. Pembungkus bantal ini bisa menjadi sarang bakteri dan binatang-binatang kecil. Hal ini bisa saja memicu jerawat.

Untuk menjaga kebersihan, dianjurkan untuk mencuci sarung bantal dua minggu sekali atau seminggu sekali. Tentu untuk terhindar dari beberapa penyakit berbahaya lainnya.

Mengutip Kompas, kebersihan sarung bantal tidak hanya membuat tidur nyaman dan berkualitas. Tapi juga menghindari kita dari berbagai penyakit.

Pasalnya, sejumlah penelitian menemukan bahwa sarung bantal yang tidak dicuci secara teratur mengandung banyak bakteri, bahkan jumlahnya ribuan kali lebih banyak daripada wastafel di toilet.

Setiap malam, kita menyimpan 15 juta sel kulit mati ke sarung bantal. Sel-sel ini tidak hanya  menumpuk di sarung bantal, tetapi juga memberi makan ratusan ribu tungau yang biasa bersarang di bantal.

Menurut pelatih gaya hidup sehat bersertifikat, Liz Traines, tidak mengganti sarung bantal setiap minggu dapat memicu timbulnya jerawat dan membuat kulit lebih kusam. Kondisi ini tentu membuat tidak nyaman dan kurang percaya diri.

Dengan rutin mencuci sarung bantal, tentunya bisa menghilangkan kuman yang bisa mengiritasi kulit dan menyebabkan jerawat. 

Karena menampung banyak bakteri dan jamur, sarung bantal dapat menurunkan sistem kekebalan atau imunitas tubuh.

Tubuh kehilangan kekuatan untuk melawan kuman dan bakteri penyebab penyakit. Akibatnya, rentan terhadap penyakit. 

Paling gampang kondisi ini dapat memicu risiko penyakit asma, bronkitis, dan masalah pernapasan yang lebih besar yang ditimbulkan dari infeksi bakteri.

Untuk itu, cuci sarung bantal setiap minggu untuk menjaga kesehatan agar tetap sehat dan produktif menjalankan aktivitas serta pekerjaan. 

Menurut Philip Tierno, Direktur Mikrobiologi Klinis dan Imunologi di Pusat Medis Langone Universitas New York, mengatakan bakteri e-coli dapat terbawa ke tempat tidur, lalu menempel di sarung bantal.

Artikel Lainnya