nyedulur.com

Waspada, Sakit Gigi Bisa Menular

Diadona
  • 4 bulan yang lalu
  • arief

Fungsi gigi untuk mengunyah atau merobek makanan. Apa jadinya gigi sedang sakit? Sulit makan, mudah tersinggung, gampang marah, dan sukar berkomunikasi.

Ngomong-ngomong soal sakit gigi, ternyata bisa menular. Seperti gigi berlubang, ternyata bisa menular.

Gigi berlubang tidak hanya disebabkan banyaknya mengonsumsi kudapan manis. Bisa juga disebabkan bakteri streptococcus mutans. Itulah penyebab gigi busuk dan bisa menularkan ke orang lain.

Melansir dari Diadona, penyebab adanya bakteri tersebut karena jarang dibersihkan dengan baik. Bisa juga karena sering ngemil atau adanya plak gigi. Nah, akhirnya bakteri tersebut mengubah sisa-sisa makanan yang ada di karang gigi menjadi asam.

Umumnya anak kecil paling rentan terkena gigi berlubang. Penyebabnya anak-anak sering berbagi alat dengan orang tuanya. Apa saja. Bisa saja perlengkapan sendok atau justru sikat gigi. Tapi jangan salah. Orang dewasa juga bisa terkena bakteri tersebut.

Sekarang, menyikat gigi di pagi hari dan sebelum tidur belum cukup membersihkan sisa makanan. Oleh karena itu perlu lebih banyak menyikat gigi setiap kali selesai makan. Banyak sekali.

Memang sering membersihkan gigi bisa mereduksi kotoran. Ini penjelasan detailnya.

Artikel Lainnya