nyedulur.com

Waspada! Mengonsumsi Makanan Ini Dapat Memperburuk Penyakit, Terlebih saat Covid-19

Nyedulur
  • 2 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Tirto.id

Nafsu makan seseorang akan menurun pada saat kondisinya tidak fit. Dalam kondisi seperti ini banyak yang enggan menyantap makanan. Inilah yang menyebabkan pemulihan berjalan lambat.

Tetapi pada saat sakit, banyak yang ingin menyantap makanan enak. Konon, makan enak bisa mengembalikan kebugaran, meski belum tentu menyembuhkan. Benar nggak, sih?

Perlu diketahui, bahwa beberapa makanan enak bisa memperburuk gejala. So, waspadalah dalam memilih makanan, baik dalam kondisi sehat maupun sakit.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit atau CDC Amerika Serikat melalui Tempo, pada saat seseorang sakit, maka makanlah makanan yang kaya vitamin dan mineral. Bisa saja vitamin D, C dan seng untuk pemulihan yang cepat.

Makan makanan yang kaya nutrisi khusus ini juga penting untuk pasien yang terinfeksi Covid-19. Sebaliknya, pemulihan bisa lebih cepat, asal bisa menghindari beberapa makanan.

Times of India mencatat hindari makanan mengandung yang mengandung banyak aditif, tambahan gula, dan pengawet pada saat Covid-19. Semua makanan ini diketahui menyebabkan peradangan, dan dapat mengganggu proses penyembuhan.

Peradangan yang tinggi juga meningkatkan beban pada sistem kekebalan, membuat Anda lebih rentan terhadap penyakit. Sebaiknya hindari keripik kentang dan makanan kemasan serupa lainnya, yang mengandung banyak natrium atau garam.

Makanan yang digoreng tinggi lemak dan sering dikonsumsi secara berlebihan. Makanan ini sering menambah beban pada sistem kekebalan. 

Hindari pula mengonsumsi minuman manis dan pedas. Baca tautannya jika penasaran.

Artikel Lainnya