Waspada! Masker Belum Bisa Bentengi Penularan Virus Corona, Ini Hasil Penelitian dan Studinya

Nyedulur
  • 4 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST.

Tiga M atau 3M. Itulah kampanye yang disampaikan pemerintah untuk mencegah penularan Covid-19 atau virus corona. Tiga M itu meliputi menjaga jarak, mengenakan masker, dan mencuci tangan.

Tapi banyak yang melanggarnya. Misalnya melepas masker, atau mengenakan masker tidak sesuai. Kemudian berkerumun seperti menggelar hajatan dan kegiatan lain.

Itulah yang menyebabkan penularan virus corona tidak terkendali. Dampaknya peningkatan kasus bahkan kematian akibat virus corona terus bertambah.

Hal yang perlu diketahui adalah, memakai masker tidak cukup untuk mencegah penyebabaran covid-19, jika tidak dibarengi penerapan physical distancing atau jaga jarak.

Mengutip CNN Indonesia, dalam Physics of Fluids, oleh AIP Publishing, para peneliti menguji bagaimana lima jenis bahan masker memengaruhi penyebaran tetesan yang membawa virus corona saat kita batuk atau bersin.

Setiap bahan yang diuji mengurangi jumlah tetesan yang menyebar. Tetapi pada jarak kurang dari 6 kaki atau 1,82 cm, tetesan berpotensi menyebabkan penyakit bisa melewati beberapa bahan.

“Masker pasti membantu, tetapi jika orang-orang sangat dekat satu sama lain, masih ada kemungkinan menyebarkan atau tertular virus,” kata Krishna Kota, seorang profesor di Universitas Negeri New Mexico.

“Bukan hanya masker yang akan membantu. Jarak juga membantu,” tegasnya.

Para peneliti membuat mesin yang menggunakan generator udara untuk meniru batuk dan bersin manusia.

Generator itu digunakan untuk meniup partikel cairan kecil, seperti tetesan bersin dan batuk di udara, melalui lembaran laser dalam tabung persegi kedap udara dengan kamera.

Mereka memblokir aliran tetesan di dalam tabung dengan lima jenis bahan masker. Yakni masker kain biasa, masker kain dua lapis, masker kain dua lapis basah, masker bedah, dan masker kelas medis N- 95. Mau tahu hasilnya?

Satu lagi, selain 3M, jaga kondisi dan perbanyak makan makanan sehat.

Artikel Lainnya