Waspada Kawan, Jangan Dekati Apalagi Mengganggu Ketenangan Ular, Bisa Membunuh dengan Cara Mengerikan

Nyedulur
  • 2 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST.

Bukan hanya iguana, reptil yang memiliki warna eksotis. Pecinta reptil juga menilai ular sebagai salah satu binatang yang memiliki warna eksotis. Cantik.

Tapi perlu waspada! Meskipun warnanya indah, ular bisa sewaktu-waktu menyerang bila terdesak apalagi diganggu. Terlebih serangan ular berracun bisa menyebabkan gangguan kesehatan hingga kematian. Ngeri, kan!

Di Indonesia cukup banyak ular berbisa yang bisa membunuh manusia. Umumnya ular akan menyerang manusia bila mereka terganggu atau terdesak.

Mengutip IDN Times, ular karang biru bisa juga disebut ular cabai besar memiliki racun yang cukup mematikan. Ciri khas pada tubuhnya berwarna biru dan kepala merah.

Ular karang biru (calliophis bivirgata) punya racun yang sangat mematikan. Laman Science Alert menyebut gigitan ular ini menyebabkan reaksi bersamaan di dalam tubuh manusiany hingga kejang, kelumpuhan, dan kematian yang cepat.

Ular ini hidup di Pulau Sumatra, Jawa, dan Kalimantan! Racunnya bisa membunuh dengan cara yang mengerikan.

Mudah mengenali ular welang (bungarus fasciatus). Penampilannya cukup mencolok dengan warna kuning hitam atau putih hitam. Ukurannya cukup besar, dengan panjang maksimal 2,25 meter.

Laman Toxinology menyebut reptil berbisa yang hidup di Pulau Sumatra, Jawa, dan Kalimantan ini tergolong pemalu pada siang hari. Tapi pada malam hari mereka bisa jadi lebih agresif. Dia bisa menggigit saat diprovokasi.

Sebetulnya ular welang punya kerabat, yakni ular weling (bungarus candidus). Penampilannya sangat mirip, namun ukurannya lebih kecil. Panjang ular weling bisa mencapai sekitar 1 meter.

Warnanya bisa hitam, cokelat gelap, atau biru gelap belang putih. Ular berbisa ini dapat ditemukan di Pulau Sumatra, Jawa, Bali, hingga Sulawesi.

Omong-omong ular berbisa, jangan lupakan cobra atau kobra. Salah satu yang paling mengerikan adalah king kobra atau kobra raja. Ini adalah jenis kobra terbesar dan masuk sebagai ular berbisa terpanjang di dunia dan bisa ditemukan di Indonesia.

Tubuh king kobra bisa mencapai 5,5 meter. National Geographic mencatat ular ini tersebar di Sumatra, Kalimantan, Jawa dan sekitarnya, hingga ke Sulawesi.

Waspada bila memasuki hutan di Papua. Di provinsi ini terdapat ular paling mematikan di dunia. Namanya ular cokelat timur (pseudonaja textilis).

Pada dasarnya ular ini berasal dari Australia. Tapi mereka bisa ditemukan di Indonesia, tepatnya di daerah Merauke, Papua

Ular cokelat timur bukanlah ular sembarangan. Mereka adalah salah satu ular paling berbisa di dunia! Dilansir Live Science, gigitannya bisa menyebabkan gagal ginjal, serangan jantung, kelumpuhan, pendarahan hebat, dan akhirnya kematian. Ngeri banget ya!

Artikel Lainnya