Waspada, Jangan Terlalu Sering Pakai Baby Oil, Teliti Sebelum Menggunakan, Dampaknya Tidak Kecil

Nyedulur
  • sebulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST.

Manfaat baby oil cukup banyak. Tidak hanya sekadar untuk seperti memijat bayi, baby oil juga bisa untuk membersihkan anggota tubuh. Semisal menghilangkan kotoran pada kulit wajah atua kotoran di telinga.

Pada dasarnya, baby oil bisa juga untuk melembutkan kulit. Namun tidak sepenuhnya benar. Terlebih bagi yang memiliki riwayat alergi atau memiliki kulit yang sensitif.

Memang benar. Menurut beberapa penelitian, baby oil memiliki kemampuan melembapkan dan mengencangkan kulit. Hal inilah yang mungkin dijadikan landasan penggunaan baby oil untuk kulit orang dewasa. Seperti kulit wajah.

Namun, baby oil dapat menyebabkan beberapa efek samping. Terutama bila digunakan untuk wajah. Tenang, jangan terlalu panik. Perlu memerhatikan penggunaan baby oik sebelum mengaplikasikannya.

Mengutip Merdeka, efek samping baby oil untuk wajah yang pertama adalah dapat memicu reaksi alergi.

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of the European Academy of Dermatology and Venereology, reaksi alergi terhadap minyak mineral yang merupakan bahan dasar dari baby oil memang sangat jarang terjadi.

Namun, jika Anda pada dasarnya memiliki jenis kulit yang sensitif dan khawatir jika pemakaian baby oil dapat memunculkan reaksi negatif, sebaiknya mempertimbangkan untuk mengoleskannya ke wajah.

Efek samping baby oil untuk wajah yang kedua adalah dapat menimbulkan kemunculan jerawat. Anda bisa berargumen bahwa pada dasarnya baby oil adalah produk yang bersifat non-comedogenic atau tidak menyumbat pori-pori.

Tetapi, lapisan kulit yang terbentuk dapat menjebak kotoran serta minyak berlebih yang masuk ke pori-pori. Mengutip Alodokter melalui Merdeka.

Hal ini lantas dapat memperparah kondisi jerawat, apabila wajah sedang berjerawat atau rentan jerawat. Sehingga, salah satu efek samping baby oil untuk wajah yang mengkhawatirkan adalah dapat menyebabkan kemunculan jerawat.

Efek samping baby oil untuk wajah yang selanjutnya adalah kulit menjadi tidak mampu untuk mengeluarkan keringat. Baby oil membentuk lapisan pelindung pada kulit setelah diaplikasikan.

Artikel Lainnya