nyedulur.com

Waspada! Jangan Dekatkan Hewan Peliharaan dengan Tanaman Hias Ini, Beracun dan Bisa Membunuh

Nyedulur
  • sebulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Info Binatang.

Tanaman hias menjadi hobi baru sebagian orang di tengah pandemi virus corona. Banyak yang berani menebus dengan harga mahal. Demi mendapatkan bunga atau tanaman hias. Sekadar untuk mengisi waktu luang saat work from home, atau memang hobi baru. Malahan ada yang menjadikan sebagai ladang bisnis baru.

Tapi perlu hati-hati gaes, banyak tanaman yang bisa menyebabkan binatang peliharaan mati. Tanaman hias ada yang beracun dan menyebabkan binatang peliharaan mati. Sedih, kan.

Dilansir dari CNN Indonesia, ada beberapa tanaman hias yang mengandung racun. Maka perlu hati-hati saat menaruhnya di rumah. Jangan sampai didekati hewan peliharaan kesayangan.

Tumbuhan berdaun hijau mengilap yang berasal dari wilayah Afrika Selatan ini disebut tanaman dolar. Bunga ini banyak ditanam sebagai tanaman hias karena mudah perawatannya. Kerap pula ditanam di pot atau di halaman rumah.

Ada sebuah studi yang mengungkapkan bahwa seluruh bagian dari tanaman dolar atau zamioculcas zamiifolia (ZZ), yang mengandung senyawa oksalat. Senyawa tersebut tidak bisa diremehkan karena bisa mengakibatkan kulit iritasi dan gatal-gatal.

Bila Anda memilikinya di rumah, gunakan sarung tangan saat ingin memindahkan tanaman ini dari sudut satu ke sudut lainnya. Pastikan pula lokasi meletakkannya jauh dari jangkauan hewan peliharaan.

Sesuai dengan keunikan namanya, tanaman caladium alias daun kuping gajah memiliki warna hijau dengan semburat merah muda di tengahnya. Bentuknya menarik perhatian.

Di balik bentuk indah dan uniknya, tak banyak yang tahu bahwa kuping gajah termasuk ke dalam keluarga talas dan keladi. Tentu saja menyimpan racun.

Daunnya dapat menyebabkan dinding saluran pernapasan membengkak. Bahkan menutup jalan keluar masuk udara.

Maka itu gaes, jauhkan tanaman ini dari jangkauan hewan peliharaan. Jika tidak sengaja menggosok anggota tubuh ke daun kuping gajah, hewan peliharaan akan merasakan gatal dan sensasi terbakar di kulitnya.

Menghias sudut rumah dengan tanaman hias seperti bunga lily mungkin pernah terbesit. Warna putihnya yang elegan serta wangi semerbak, tak pelak membuat banyak orang terpikat pada keindahannya.

Tapi jangan menaruh bunga ini di dalam ruangan jika memelihara kucing atau anjing.  Berbahaya bagi hewan peliharaan. Ini dampaknya.

Artikel Lainnya