nyedulur.com

Waspada, Gigi Berlubang Berpengaruh pada Janin, Ibu Hamil Perlu Perhatikan Kesehatan Mulut

Nyedulur
  • 3 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Nyedulur

Wanita yang hamil rentan mengalami penyakit. Salah satu yang perlu diperhatikan sebelum mempersiapkan kehamilan adalah memeriksakan kesehatan rongga mulut dan gigi.

Ketua Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia, Dr. drg. R. M. Sri Hananto Seno, Sp. BM (K). MM, mengatakan bahwa jika ibu hamil memiliki gigi berlubang akan terasa sangat mual. Terlebih bila kehamilan pada trimester pertama.

Sebab mikroorganisme berkembang cepat. Sehingga lubang pada gigi kian berkembang luas. Demikian penjelasan Sri Hananto dikutip dari Fimela.

Saat hamil, ada hormon progesteron yang menyebabkan mudahnya penumpukan plak. Itulah yang mempercepat terjadinya karang gigi. Kuman di dalam plak berkembang menjadi banyak dan mengakibatkan peradangan gusi (gingivitis) dan gigi berlubang (karies).

Radang gusi dan karies ini menyebabkan kuman masuk ke pembuluh darah. Inilah yang sering disebut sebagai infeksi fokal. Yaitu peradangan yang terjadi pada organ penting tubuh dan disebabkan kuman patogen dari rongga mulut.

“Kuman patogen pada rongga mulut akan masuk ke gusi lalu pembuluh darah, kemudian ke plasenta. Ini yang membahayakan janin. Apalagi di trisemester pertama yang kandungan masih rentan,” terang Hananto.

Dia menyarankan untuk memeriksakan kesehatan mulut dan gigi sebelum memeriksakan kehamilan. Serta rajin sikat gigi setelah makan dan berkumur dengan antiseptic mouthwash. Satu lagi penjelasannya ada di sini.

Artikel Lainnya