Waspada dengan Gejala Autoimun, Penyakit Ini Menyerang Sistem Kekebalan Tubuh, Gejalanya Ngeri

Nyedulur
  • 9 hari yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Alodokter.

Pernah mendengar penyakit autoimun? Penyakit ini merupakan kondisi di mana sistem kekebalan tubuh menyerang tubuhnya sendiri. Padahal pada umumnya, sistem imun berfungsi untuk melindungi tubuh dari beragam bakteri maupun virus.

Biasanya penyakit autoimun ini kerap terjadi pada wanita. Sementara banyak yang tidak menyadarinya. Sebab, penyakit ini dapat mengakibatkan kondisi yang serius pada penderitanya, seperti gangguan tulang persendian, saraf, dan lainnya.

Penderita penyakit autoimun juga lebih rentan terserang infeksi termasuk Covid-19. Oleh karena itu Anda harus tahu apa penyebab dan gejala penyakit autoimun ini. Berikut penjelasan Alodokter.

Penyebab penyakit autoimun belum diketahui secara pasti. Tetapi beberapa faktor di bawah ini diketahui dapat meningkatkan risiko seseorang untuk menderita penyakit autoimun.

Seperti, berjenis kelamin perempuan, memiliki riwayat penyakit autoimun dalam keluarga, memiliki berat badan berlebih atau obesitas, merokok, dan terkena paparan bahan kimia atau cahaya matahari.

Menggunakan obat-obatan yang memengaruhi sistem kekebalan tubuh, misalnya obat simvastatin atau antibiotic, serta menderita infeksi bakteri atau virus, misalnya infeksi virus Epstein Bar juga masuk dalam penyebab penyakit tersebut.

Ada lebih dari 80 penyakit yang digolongkan penyakit autoimun dan beberapa di antaranya memiliki gejala awal yang sama, muldai dari kelelahan, pegal otot, demam ringan, rambut rontok, sulit konsentrasi, kesemutan di tangan dan kaki.

Meski menimbulkan beberapa gejala awal yang sama, masing-masing penyakit autoimun tetap memiliki gejala spesifik, seperti diabetes tipe 1 yang gejalanya berupa sering haus, lemas, dan berat badan menurun tanpa sebab yang jelas.

Beberapa contoh penyakit autoimun dan gejalanya memang mengerikan. Intip di sini.

Artikel Lainnya