Waspada, Covid-19 Asal Afrika Selatan Masuk Madura, Warga Sampang Diminta Hati-hati

Nyedulur
  • 19 hari yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST.

Varian baru virus corona telah masuk ke Indonesia. Virus tersebut merupakan varian baru asal Afrika Selatan, dan diduga telah masuk ke kawasan Sampang, Madura, Jawa Timur.

Virus tersebut diketahui menjangkiti salah satu Pekerja Migran Indonesai (PMI) asal Sampang.

Warga Sampang, Saman mengatakan, dirinya mengetahui kabar masuknya virus varian baru itu dari pemberitaan di berbagai portal media.

“Rasa khawatir dan resah itu tetap menghantui kami, karena sebagai orang awam kalau mendengar kabar adanya virus baru tetap takut,” kata Saman, mengutip Suara, Kamis 3 Juni 2021.

Terpisah, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sampang, Agus Mulyadi membenarkan adanya salah satu PMI asal Sampang terjangkit varian baru Covid-19.

Meski demikian, pihaknya mengimbau warga tidak khawatir atau cemas berlebihan. Menurutnya, PMI yang terjangkit virus baru dilaporkan sudah sembuh.

“Waktu sakit tidak sempat pulang ke Sampang dan saat ini sudah sembuh,” ujarnya.

Sekadar informasi, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jatim, Herlin Ferliana memastikan varian baru Covid-19 telah masuk di wilayahnya.

Seperti yang terjadi di Kabupaten Mojokerto (B.1.17 UK strain), Jember (B.1.17 UK strain) dan Sampang (B.1.351 strain Afrika Selatan).

Artikel Lainnya