Waspada, Chelsea Mulai Bangkit, Ancam Gusur Liverpool dari Zona Liga Champions

Nyedulur
  • 2 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Dailymail/Getty Images.

Thomas Tuchel menunjukkan taring sejak ditunjuk sebagai pelatih Chelsea. Dia telah mengemas tujuh poin dari tiga kali bermain setelah menggantikan Frank Lampard. Mau tahu hasilnya?

Pelatih asal Jerman itu membukukan dua kemenangan dan sekali seri. Malahan Tuchel sanggup mencetak clean sheet dari tiga laga.

Menurut catatan Opta Joe, hasil itu menyamai rekor yang dibukukan Jose Mourinho, sebagai pelatih anyar Chelsea yang tidak terkalahkan dengan clean sheet dalam tiga laga pembuka pada Agustus 2004.

Tujuh poin itu melambungkan Chelsea ke posisi enam klasemen sementara dengan 36 angka. Jaraknya cukup dekat untuk masuk ke zona Liga Champions. The Blues hanya terpaut empat poin dari Liverpool di urutan keempat, sebagai posisi terakhir jatah kompetisi antar klub paling elit di Eropa.

Tidak tertutup kemungkinan tim asal London itu menggusur Liverpool. Kebetulan keduanya sama-sama melewatkan 22 pertandingan. Sementara ambisi mantan pelatih Borussia Dortmund itu mengantar Chelsea menembus empat besar.

Terlebih performa Si Merah tengah melempem. Tim ini terus melorot, merosot, dan terperosok. Jordan Henderson dkk telah menelan dua kekalahan home beruntun lantaran tidak konsisten. Sebaliknya, Chelsea tengah panas-panasnya. 

Sebelumnya Tuchel pernah berkoar ingin mengikuti jejak Jurgen Klopp, sebagai pelatih Jerman yang sanggup mengangkat trofi Liga Primer. Apalagi perjalanan karirnya sebagai pelatih juga mengikuti jejak Klopp.

Dia memoles Mainz dan Borussia Dortmund sepeninggal Klopp. Bedanya Klopp kemudian berkarir di Inggris, sedangkan Tuchel, selaku penerus, memilih berpetualang ke Prancis, untuk menukangi PSG.

Bukan tidak mungkin Tuchel bisa melewati Klopp di akhir musim. Terlebih dia berambisi bisa menyamai apa yang sudah dilakukan kompatriotnya.

“Sulit untuk menyamai kesuksesan Jurgen, tetapi kami akan berusaha keras,” kata Tuchel pada saat diperkenalkan Chelsea melalui zoom kepada wartawan bulan lalu.

“Dia melakukannya dengan kecerdasan dan energi yang besar,” ungkapnya.

Artikel Lainnya