Waspada, Casing HP Bisa Sebarkan Penyakit Sepuluh Kali Lipat! Perlu Dibersihkan dengan Cara Ini

Nyedulur
  • 5 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: CNet.

Smartphone menjadi bagian penting bagi kehidupan sehari-hari. Terlebih di era digital saat ini, pekerjaan tidak bisa lepas dari smartphone. Termasuk untuk belajar daring, juga membutuhkan telpon pintar.

Namun, tak sedikit dari pemilik ponsel membersihkan casingnya. Padahal membersihkan casing smartphone penting banget. Menurut penelitian, ponsel berpotensi membawa kuman 10 kali lipat lebih banyak dari dudukan toilet. Wow!

Selain itu, saat pandemi Covid-19, pengguna ponsel pintar disarankan untuk membersihkan secara rutin. Supaya terhindar dari sebaran penyakit. Virus misalnya.

Dilansir dari CNN Indonesia, sebagian besar ponsel pintar biasanya dilengkapi dengan aksesoris pelindung badan ponsel. Pelindung ini memiliki banyak jenis, baik berbahan dasar silikon, plastik, kayu dan bahan lain.

Hal yang perlu diingat, membersihkan casing atau pelindung ponsel dengan berbagai cara. Tergantung pada jenis dan bahannya.

Pada bahan dasar plastik relatif tahan lama. Itu sebabnya casing plastik dinilai lebih tahan terhadap larutan pembersih yang memiliki kandungan kuat seperti pemutih pakaian.

Jika pengguna tidak nyaman menggunakan pemutih pakaian, gunakanlah sabun cuci piring sebagai gantinya. Peralatan yang perlu disiapkan meliputi cairan pemutih, air, spons, lalu kain atau sikat gigi bekas dan sarung tangan karet.

Untuk cara membersihkannya juga mudah. Campurkan sekiranya satu sendok makan pemutih cair ke 1 gayung yang berisikan air. Kemudian rendam casing tersebut 5 hingga 10 menit.

Jika casing memiliki noda yang membandel, disarankan untuk merendamnya lebih lama hingga nodanya berkurang. Kemudian gosok casing dengan spons, kain, atau gosok gigi bekas pada bagian yang kotor.

Bilas casing Anda secara menyeluruh dengan air mengalir hingga bersih. Keringkan casing menggunakan kain atau tisu.

Ada pula cara lain untuk membersihkan casing HP berbahan karet silikon. Mau tahu?

Artikel Lainnya