Waspada Bila Bulu Kucing Rontok dan Berketombe, Bisa Disebabkan Jamur, Hilangkan dengan Cara Lembut

Nyedulur
  • 13 hari yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST.

Tanda-tanda kucing mengalami masalah kesehatan adalah malas bergerak. Tiba-tiba tingkahnya banyak diam dan terlihat lesu. Umumnya masalah ini disebabkan jamur yang dialami hewan peliharaan. Utamanya kucing.

Biasanya infeksi yang dialami kucing disebabkan jamur microsporum canis. Jamur ini termasuk ke dalam spesies dermatophytes.

Selain itu, kucing yang memiliki jamur biasanya tidak menimbulkan suatu gejala sehingga sulit untuk diketahuinya. Tetapi biasanya infeksi tersebut memperlihatkan tanda-tanda yang mudah dikenali.

Seperti munculnya kurap dan di area kulit yang terinfeksi, muncul ketombe pada bulu kucing, hingga bulu kucing yang mudah rontok.

Tak hanya itu, hewan lain yang terinfeksi jamur juga bisa menularkannya ke kucing melalui sentuhan dan kotoran.

Oleh sebab itu, menjaga kebersihan badan, kandang, dan sanitasi adalah hal terpenting agar kucing terhindar dari jamur.

Akan tetapi jika kucing terlanjur terkena jamur, atasi masalah tersebut dengan cara-cara yang sudah dirangkum dari Kompas.

Perawatan topical biasanya dilakukan untuk mengobati jamur yang dikombinasikan dengan obat lainnya seperti salep dan krim. Kemudian oleskan ke bagian kulit kucing yang berjamur.

Jika jamur hanya menyerang beberapa bagian kulit, maka perlu mencukur bulu kucing di area-area tersebut. Biasanya, dokter menyarankan untuk mencukur semua bulu untuk kucing ras berbulu lebat dan panjang.

Setelah diberikan salep atau krim dan kombinasi perawatan topikal, langkah berikutnya memandikan kucing dengan sampo anti jamur. Minimal dua kali seminggu.

Penting untuk mengonsultasikan ke dokter terkait sampo apa yang cocok untuk perawatan jamur pada kucing agar tidak timbul alergi.

Perawatan oral untuk sebagian permasalahan jamur pada kucing, pengobatan akan terasa efektif setelah diberikan obat anti-jamur seperti griseofulvin.

Selain itu, jenis obat lainnya yakni itraconazole atau terbinafine (Lamisil) juga kerap digunakan untuk mengobati jamur namun dengan efek samping yang lebih ringan.

Artikel Lainnya