Waspada, Banyak Makanan Bisa Rusak Gigi, Rawat dengan Konsumsi Ini

Nyedulur
  • 4 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: New York Post.

Gusi atau gigi yang tidak terawat dengan baik akan mengganggu penampilan keseharian. Tidak hanya mengganggu penampilan, kesehatan gigi juga tereduksi. Dampaknya susah mengunyah makanan.

Area mulut sebetulnya dipenuhi sekumpulan bakteri yang tidak berbahaya. Namun jangan gembira dulu. Bakteri itu bisa menyebabakan beberapa penyakit jika diabaikan.

Maka dari itu Anda harus berhati-hati dalam memilih makanan, agar bisa menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Dilansir dari Tempo, dokter gigi Sophya Morghem, mengungkapkan bahwa bukan hanya tentang nutrisinya yang memengaruhi kesehatna mulut. Tekstur makanan bisa memengaruhi kesehatan mulut.

“Kacang jagung, permen, biji bunga matahari, biji jagung, berondong jagung, semuanya itu dapat meningkatkan risiko patah gigi,” kata Dr. Morghen.

“Mengunyah es dapat memberikan tekanan yang berlebihan pada gigi yang menyebabkan peningkatan risiko patah tulang juga. Makanan tertentu membantu membersihkan gigi saat Anda makan dan mengurangi penumpukan plak seperti sayuran mentah dan keju tajam,” lanjutnya

Ketika membangun pola makan yang penuh dengan makanan untuk kesehatan gigi dan gusi, ahli diet terdaftar Yasi Ansari, mengatakan bahwa dibutuhkan makanan yang bervariasi penuh dengan kalsium, fosfor, dan vitamin A, C, dan D.

“Makan berbagai makanan bisa membantu memastikan seseorang mengonsumsi berbagai nutrisi yang dapat membantu menjaga gigi dan gusi tetap kuat,” kata Ansari, yang merupakan juru bicara media nasional untuk Academy of Nutrition dan Dietetika.

Ansari mengatakan bahwa kalsium sangat bagus untuk gigi dan tulang yang kuat. Dia menyarankan makan makanan kaya kalsium seperti yogurt, minuman kedelai yang diperkaya, minuman almond, susu, tahu, bok choy, collard greens, dan almond.

Fosfor dan vitamin D membantu membuat kalsium yang dikonsumsi bisa lebih efektif.

“Fosfor membantu melindungi gigi kita dan membantu mendukung kalsium dalam membangun gigi yang kuat,” katanya.

Untuk meningkatkan fosfor, ini jenis makanan yang perlu dikonsumsi

Artikel Lainnya