nyedulur.com

Waspada! 20 Kota Sumbang Kematian Covid-19 Tertinggi Sepanjang Desember

Nyedulur
  • 2 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Jatimnet.

Liburan akhir tahun ini menjadi momok bagi wisatawan. Banyak yang tidak bisa berelisir di tengah pandemi virus corona.

Sebab di pengujung tahun ini kasus konfirmasi positif meningkat tajam. Tercatat ada 10 provinsi yang mengalami penambahan kematian Covid-19 terbanyak pada Desember 2020.

Dikutip dari Detik, Jawa Timur, Jawa Tengah, DKI Jakarta, Jawa Barat, Kalimantan Timur, Riau, Sumatera Barat, DI Yogyakarta, Sumatera Selatan, dan Lampung, menjadi penyumbang angka kematian tertinggi.

Sebetulnya tak hanya tingkat provinsi. Sejumlah kota dan kabupaten juga konsisten menyumbang penambahan kasus kematian akibat Covid-19. Bahkan tercatat ada 20 kota-kabupaten penyumbang kasus tertinggi.

“Justru muncul kabupaten dan kota yang mungkin jumlah kasusnya tidak terlalu banyak, namun karena pelayanan kesehatannya kurang maksimal, akhirnya muncul 20 besar ini," jelas Ketua Bidang Data dan Teknologi Informasi Satgas Covid-19, Dr Dewi Nur Aisyah melalui kanal YouTube BNPB, Rabu 30 Desember 2020.

“Ada beberapa kabupaten dan kota yang konsisten penambahan kasus kematiannya. Ada Banyuwangi, Pekanbaru, Jakarta masih masuk, Kota Semarang juga masuk,” lanjutnya.

Dr Dewi mengatakan, kasus kematian di DKI Jakarta belum tentu berasal dari penduduknya. Ini karena lingkungan DKI Jakarta dengan Jabodetabek agak sulit dipisahkan. Memungkinkan orang-orang yang tinggal di tapi berobat di DKI Jakarta.

“DKI Jakarta dengan Jabodetabek memang agak sulit untuk dipisahkan, dan memang kita memahami pasien-pasien yang tercatat di sini ini secara wilayah memang masuk DKI Jakarta, namun secara KTP bisa jadi dia bukan dari DKI Jakarta,” katanya.

Lantas mana saja 20 kota yang menyumbang penambahan angka kematian tertinggi pada bulan Desember? Di sini.

Artikel Lainnya