Warna-warni Es Cendol Ceria, Minuman Segar Pengusir Dahaga, Pas untuk Buka Puasa

Nyedulur
  • 17 hari yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Sajian Sedap.

Salah satu tantangan menjalankan ibadah puasa adalah melihat gelas berisi minuman segar. Jangan tergoda! Tunggu saat yang tepat untuk menghilangkan dahaga.

Pumpung masih ada waktu, yuk coba minuman untuk disiapkan sebagai takjil. Cocok untuk mengusir dahaga. Mengutip Sajian Sedap, resep es ceria cendol jeli sangat mudah membuatnya.

Waktu yang dibutuhkan juga tidak lama. Sekitar 30 menit sudah bisa membuat es ceria cendol jeli. Pas dilakukan sepulang kerja, atau satu jam jelang bedug buka puasa.

Bahan yang dibutuhkan untuk cendol jeli meliputi 900 ml air, 1 1/2 bungkus jeli instan, 1 1/2 sendok teh agar-agar bubuk, 50 gram gula pasir, 4 tetes pewarna merah cabai, dan 4 tetes pewarna hijau tua.

Kemudian sebagai bahan sirup gula merah siapkan 350 gram gula merah, disisir 400 ml air, tiga lembar daun pandan (dibuat simpul), dan 100 gram nangka (dipotong kotak 1x1 cm).

Untuk kuah santan siapkan 400 ml santan dari 1 butir kelapa, 1/2 sendok teh garam, dan dua lembar daun pandan (di buat simpul).

Nah, untuk bahan pelengkap siapkan 400 gram kelapa muda (dikeruk lebar), 200 gram cincau hitam (dipotong 1x1 cm), dan 1.000 gram es serut.

Cara membuatnya mudah. Rebus air, jeli instan, agar-agar bubuk, dan gula pasir sambil diaduk sampai mendidih. Bagi dua adonan. Satu bagian ditambahkan pewarna merah cabai. Aduk rata. Sisanya ditambahkan pewarna hijau tua. Aduk rata.

Langkah ketiga, tuang masing-masing adonan di loyang 22x22x4 cm. Dinginkan. Kemudian potong-potong jeli sepanjang 5 cm. Sisihkan.

Untuk sirup gula merah: rebus gula merah, air, dan daun pandan sampai kental dan harum. Masukkan nangka. Masak sampai mendidih. Sisihkan.

Sedangkan kuah santan: rebus santan, garam, dan daun pandan sambil diaduk hingga mendidih dan kental. Sajikan potongan jeli dengan sirup gula merah, kuah santan, dan pelengkapnya.

Wah segarnya. Siang-siang begini membayangkan es cendol.

Artikel Lainnya