Wajib Tahu, Jenis dan Arti Rambu Lalu Lintas, Jangan Cuma Rumah Makan

Nyedulur
  • 4 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST.

Pernah nggak jengkel melihat pengendara lain yang ugal-ugalan? Pengendara seperti ini seolah abai dengan rambu lalu lintas. Memang sebagian orang tidak mengerti dan tidak taat.

Jika hal tersebut tetap diteruskan, bukan hanya berbahaya untuk orang lain, tetapi juga diri sendiri. Tidak patuh dengan rambu-rambu lalu lintas bisa melanggar undang-undang dan dikenai hukuman. Hukuman diterapkan agar mencegah terjadinya kecelakaan.

Nah, bagi Anda yang belum paham apa sih arti rambu-rambu lalu lintas di jalan? Berikut beberapa arti yang dilansir dari Liputan6.

Rambu peringatan merupakan rambu yang didesain dengan warna dominan kuning dan tulisan berwarna hitam. Berbentuk belah ketupat. Rambu ini berisi peringatan bagi pengguna jalan bahwa ada potensi bahaya.

Contoh, terdapat rambu berlatar belakang warna kuning dengan gambar mobil di atas jalan menanjak. Gambar tersebut memberikan peringatan kepada pengguna jalan bahwa beberapa meter di depan akan menjumpai tanjakan.

Rambu perintah biasa ditemui dengan bentuk bundar berwarna biru dengan lambang putih. Rambu ini berisi perintah yang wajib dipatuhi pengguna jalan. Rambu ini bisa ditemui dengan ragam simbol yang memiliki arti berbeda.

Selanjutnya, rambu larangan didesain warna putih sebagai warna latarnya dan warna merah atau hitam sebagai warna lambangnya. Rambu ini berisi larangan yang tidak boleh dilanggar pengguna jalan.

Contoh, rambu bertuliskan 'S' yang dicoret. Artinya kendaraan dilarang berhenti sampai jarak 15 meter setelah rambu tersebut diletakkan.

Rambu petunjuk, berisi petunjuk bagi pengguna jalan. Contoh, rambu berbentuk persegi panjang berwarna biru dengan gambar jalan di bagian tengah berwarna putih. Rambu tersebut memberikan petunjuk bahwa di depan terdapat jalan tol.

Untuk menghapalkan rambu-rambu yang menggambarkan ada kedai atau rumah makan jauh lebih mudah, bukan?

Artikel Lainnya