Waduh, Tiga Kawasan Jatim Berubah Zona, Dari Kuning Jadi Oranye, Covid-19 Melonjak Akibat Libur Lebaran

Nyedulur
  • 10 hari yang lalu
  • arief

Sumber Foto: European Economic and Social Committee.

Pandemi Covid-19 di Jawa Timur tidak bisa dipandang enteng. Masalahnya terjadi lonjakan di beberapa daerah yang terindikasi dampak libur lebaran. Padahal liburan tersebut telah berlalu dua pekan lamanya.

Satgas Covid-19 Jawa Timur liburan tersebut memberi dampak terhadap beberapa daerah. Berdasarkan catatan Satgas Covid-19, terdapat tiga daerah yang mengalami perubahan zona dari kuning menjadi oranye.

“Tiga daerah yang sebelumnya zona kuning, berubah menjadi zona oranye yakni Kabupaten Mojokerto, Lamongan, dan Tuban,” kata juru bicara Satgas Covid-19 Jatim, Makhyan Jibril mengutip Medcom, Kamis 3 Juni 2021.  

Padahal, dua pekan pascalebaran yakni pada 26 Mei 2021, jumlah zona kuning di Jatim masih 15 daerah.

“Per 1 Juni kemarin, daerah zona kuning berkurang sekitar tiga daerah, dari 15 menjadi 12 daerah yang sekarang zona kuning,” Jibril menambahkan.

Adapun 12 daerah zona kuning itu adalah Kabupaten Bangkalan, Sumenep, Sampang, Pamekasan, Probolinggo, Bondowoso, Lumajang, Jember, Bojonegoro, Pasuruan, Kota Pasuruan, dan Kota Probolinggo.

Jibril mengatakan berubahnya status zona kuning menjadi oranye karena kasus Covid-19 di daerah tersebut meningkat. Saat ini, kasus Covid-19 aktif di Jatim mencapai 1.782 kasus, 141.867 pasien sembuh, dan 11.357 pasien covid-19 meninggal dunia.

“Sebenarnya kasus Covid-19 di Jatim ada penurunan sedikit, dari biasanya penambahan kasus sekitar 200-250 per hari. Sekarang kasus baru ada sekitar 200-225,” papar dia.

Menurut Jibril, meningkatnya kasus Covid-19 ini karena masyarakat mulai abai menjaga protokol kesehatan. Meski kasus Covid-19 cukup terkendali, Jibril tetap mengingatkan masyarakat waspada, mengingat wabah belum berakhir.

“Kami mengimbau kepada masyarakat agar terus waspada, jangan sampai lengah, karena covid-19 masih ada dan belum berakhir,” tutup Jibril.

Artikel Lainnya