Waduh, Persipura Bubar, Tak Ikut Kompetisi Liga 1 Lagi, Apa Jawab Menpora?

Nyedulur
  • 4 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Tempo.

Satu lagi peserta kompetisi sepak bola Liga 1 menarik diri. Persipura Jayapura mengumumkan membubarkan diri. Keputusan pahit itu diambil setelah klub terlilit masalah finansial. Bank Papua yang selama ini menopang duit tim berjuluk Mutiara Hitam itu menarik diri.

Dikutip Detik, Persipura merasa digantung oleh Bank Papua. Pihak klub sudah sejak lama meminta kejelasan terkait pendanaan sponsor. Namun malah mendadak mengambil keputusan penghentian kerjasama.

Sebelumnya Madura United terlebih dulu menarik diri pada akhir tahun lalu. Lagi-lagi karena tidak jelasnya kompetisi sepakbola Liga 1 di Indonesia.

Tidak tertutup kemungkinan klub lain mengikuti jejak serupa. Keputusan pahit bisa diambil jika tidak ada solusi dari pihak-pihak terkait.

Kemenpora sebagai induk cabang olahraga, termasuk PSSI, diharapkan bisa memberikan masukan terbaik. Apalagi kelanjutan liga tergantung dari rekomendasi pemerintah dan izin kepolisian.

Lantas seperti apa Menpora memandang kondisi tersebut?

“Memang ini masuk di area professional, maka pemerintah tidak bis masuk. Itu juga paling tinggi urusan dengan federasi cabang olahraga, dalam hal ini PSSI. Jadi, ya kita menunggu,” kata Menpora, Zainudin Amali, Kamis 7 Januari 2021.

“Situasi sekarang ini juga susah. Kami memaklumi apa yang yang dilakukan klub. Karena kalau diteruskan (timnya) ada konsekuensi pembiayaan,” dia menjelaskan. Lantas bagaimana nasib sepak bola Indonesia ke depan, pak?

Artikel Lainnya