Waduh, Komodo Ternyata Bukan Binatang Asli Indonesia, Dari Sini Asalnya

Nyedulur
  • sebulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Tirto/Antara.

Komodo adalah binatang khas Indonesia yang cukup eksotis. Binatang yang ada di Pulau Komodo ini menjadi daya tarik Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Bahkan binatang endemik ini hanya ada di Indonesia. Tidak ada di tempat lain!

Namun baru-baru ini komodo disebutkan bukan asli binatang dari Indonesia. Seorang ahli biologi evolusi dan penulis utama riset, Carlos Pavón Vázquez yang menyebut komodo keturunan dari Australia.

Mengutip Kumparan, Carlos Pavón Vázquez menyebut jika nenek moyang komodo kawin dengan biawak pasir, kadal goanna pasir (Varanus gouldii). Sementara kadal ini hanya ditemuan di Australia.

“Studi ini membuktikan hibridisasi dapat memiliki efek jangka panjang. Dalam kasus ini terjadi jutaan tahun yang lalu, tetapi tanda-tandanya masih ada di sand goanna. Mereka memiliki lebih banyak kesamaan dengan komodo daripada,” kata Pavón Vázquez dikutip dari situs Australian National University.

Dia menambahkan, riset ini menemukan bukti yang jelas, bahwa komodo pernah melakukan kawin silang untuk berkembang biak. Kedua spesies antara komodo dan sand goanna mungkin dipisahkan oleh lautan. Menuutnya, sand goanna hanya ditemukan di Australia dan Papua Nugini Selatan.

“Agar komodo bisa berkembang biak dengan biawak pasir, mereka harus hidup bersama,” katanya.

Penelitian ini disebut dapat membantu mengisi celah tentang apa yang terjadi sebelum komodo punah di Australia. Sebelumnya, ada temuan fosil komodo di Queensland yang menjadi bukti kadal besar itu ada di Negeri Kangguru.

Dr Kailah Thorn dari University of Western Australia, ahli paleontologi yang tidak terlibat dalam penelitian tetapi akrab riset tersebut, mengatakan bahwa gabungan data genetik dengan bukti dari rekaman fosil bisa mengungkap evolusi dari komodo.

“Fosil adalah bukti utama kami tentang keberadaan komodo yang hidup di Australia, tetapi kami sekarang memiliki bukti genetik bahwa mereka bersilangan dengan spesies kadal endemik Australia sebelum komodo diisolasi ke Kepulauan Sunda kecil di Indonesia,” kata Thorn dikutip The Guardian.

Artikel Lainnya