Waduh, Beredar Helm Cargloss Tiruan, Begini Cara Kenali Asli dan Palsu, Akhirnya Pemilik Ancam Gugat

Nyedulur
  • sebulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST/Instagram.

Produk dalam negeri makin populer. Salah satunya adalah helm Cargloss. Pengaman berkendara ini makin diminati pasar Indonesia sejak dikenakan Presiden Joko Widodo. Selain itu, helm ini banyak dikenakan remaja dan pelajar.

Sayangnya, seiring makin populernya produk tersebut, makin besar tingkat penipuan. Hal ini yang membuat produsen helm Cargloss meradang.

Terlebih helm Cargloss tiruan mudah dijumpai di tepi jalan. Sejumlah PKL, pedagang pasar, hingga beberapa toko menjajakan helm Cargloss tiruan.

Lantas bagaimana cara membedakan barang palsu dan yang asli?

Mengutip 100KPJ, helm Cargloss palsu bisa dikenali melalui tampilan luarnya. Salah satunya, dengan melihat stiker ‘Cargloss’ yang tertera di bagian terluar helm. Jika terbuat dari bahan plastik dan mudah dikelupas, itu tandanya palsu.

“Paling mudah mengenalinya dari stiker. Tulisan Cargloss di helm asli itu pakai bahan khusus yang enggak bisa dicopot. Kalau palsu, pakai stiker biasa. Jadi dikelupasnya gampang,” kata General Manager Cargloss Indonesia, Endin Nasrudin.

Selain dari stiker, kata dia, calon pembeli juga bisa mengenali keaslian produk melalui label warning yang terdapat di bagian dalam helm.

“Lihat juga label warningnya. Kalau asli, ada tulisan pabrik pembuatnya. Nah, kalau enggak ada, kami pastikan itu palsu.”

Banyaknya produk palsu itulah yang membuat Cargloss Indonesia berencana melakukan gugatan. Menurut Endin, banyaknya produk tiruan merugikan pihaknya. Gugatan ini tak lepas dari kerugian materiil Cargloss.

“Bayangkan, misalnya terjadi kecelakaan di jalan raya, lalu korbannya pakai helm KW yang ada tulisan ‘Cargloss’, pada akhirnya kita yang dirugikan,” urainya.

Artikel Lainnya