Waduh, Asteroid Sepanjang 1 Km Dekati Bumi Maret Nanti, Panoramanya Indah Banget

Nyedulur
  • 5 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Earthsky

Suguhan panorama alam akan terlihat dengan indah saat melintas jembatan di atas air. Apalagi jembatan itu menjadi yang terpanjang. Panorama yang bisa dinikmati sungguh luar biasa.

Salah satunya adalah jembatan Golden Gate Bridge yang ada di San Fransisco. Panjang jembatan itu mencapai 2,7 kilometer.

Terbayang nggak sih, jika panjang jembatan itu akan menghantam bumi? Dalam bentuk asteroid pula.

Bukan menghantam. Tapi mendekati orbit bumi. Dilansir dari Detik, asteroid raksasa itu akan melintasi bumi pada 21 Maret mendatang. Asteroid bernama 2001 FO32 ini diperkirakan memiliki diameter sepanjang 1 km.

Objek antariksa ini diketahui sebagai asteroid terbesar yang akan mendekati bumi pada tahun 2021. Meski ukurannya cukup besar, lintasan orbit 2001 FO32 telah diketahui dan asteroid ini diyakini tidak akan menabrak bumi. Aman.

Pada tanggal tersebut, 2001 FO32 akan mencapai titik terdekatnya dengan planet manusia, pada pukul 16.03 UTC atau 23.03 WIB. Di titik terdekatnya, asteroid ini akan berjarak sekitar 2 juta km dari bumi, seperti dikutip dari EarthSky, Senin 11 Januari 2021.

Karena ukuran dan jaraknya, 2001 FO32 digolongkan sebagai asteroid yang berpotensi berbahaya. Kategori ini diberikan untuk asteroid dengan panjang lebih dari 140 meter dan melintas dengan jarak sekitar 7,5 juta km dari orbit Bumi.

Selain ukurannya yang mengesankan, asteroid 2001 FO32 juga akan menyuguhkan pemandangan yang menakjubkan di langit. Ini keterangan EarthSky soal asteroid tersebut.

Artikel Lainnya