Viral! Toilet di Kereta Api Langsung Dibuang ke Rel, Tanpa Penampungan, Warganet: Pantesan Relnya Selalu Karatan

Nyedulur
  • sebulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Kompas.

Kereta Api telah melakukan perubahan layanan sejak tahun 2012. Cukup banyak kemudahan yang bisa didapat penumpang.

Calon penumpang tidak perlu berdesakan antre di loket. Begitu juga dengan kenyamanan di dalam kereta cukup bagus. tempat duduknya tertata rapi. Seluruhnya telah dilengkapi dengan ruang berpendingin.

Tidak ada lagi penumpang yang berdri. Terutama untuk kereta api jarak jauh. Penumpang juga tidak terganggu pengamen dan pedagang asongan. Semua penumpang dapat tempat duduk sesuai nomor urut.

Termasuk toiletnya cukup bersih. Di tiap-tiap kereta terdapat toilet di depan dan belakang deretan kursi penumpang. Tak perlu berebut. Bisa nebeng ke kabin lainnya. Akan tetapi, kira-kira kemana sih air dari toilet dibuang?

Belakangan ini muncul sebuah video jika toilet di kereta api langsung dibuang. Jadi tidak pakai bak penampungan atau septik tank, gaes. Langsung dibuang ke rel.

Video tersebut diunggah pemilik akun Instagram @makkasar_iinfo, pada Sabtu, 13 Maret 2021.

“Toilet di kereta, jadi kalau buang arinya langsung turun gitu?,” tulis caption di unggahan video tersebut.

Alhasil video yang sudah ditonton hampir 200.000 kali oleh warganet ini langsung mendapat berbagai komentar dari warganet.

“Berarti kalau lewat dibawah jembatan yang ada rel keretanya terus ada air, air itu bekas kamar mandi,” tulis apriliarachmaa.

“Coba pesawat gitu juga,” tulis wonderfull.pethshop.

“Pesawat yang mana tuh? Pesawat ada waste tank nya. Manan bisa ada lubang yang langsung keluar begitu di pesawat,” sahut lalasyahnaaz.32.

“Pantesan relnya selalu karatan,” tulis muhajir0776.

“Setiap pulkam naik kereta ekonomi atau eksekutif toliletnya gak gini kok, kaya toilet di rumah enggak ngblong kebawah juga” tulis riskadwi2803.

Akan tetapi, dikutip dari berbagai sumber jika video tersebut tidaklah benar dari kereta api Indonesia.

Tak hanya itu, PT KAI membenarkan jika kereta api saat ini sudah memiliki Toilet Ramah Lingkungan (TRL) dan tidak bolong lagi karena sudah dilengkapi penampungan atau septic tank.

Artikel Lainnya