Viral, Penemuan Dua Gua Unik Gegerkan Warga Tuban, Ornamen Stalaktit dan Stalagmit Keren Banget

Nyedulur
  • 2 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Times Indonesia.

Warga Tuban digegerkan dengan penemuan dua gua unik. Gua yang penuh dengan ornamen bebatuan yang indah itu terjadi di Desa Mulyoagung, Kecamatan Singgahan yang masuk kawasan Perhutani.

Sontak temuan dua gua ini meramaikan jagat media sosial. Pada saat bersamaan, warga memberi nama keduanya dengan Gua Temugiring dan Gua Putri Tinumpuk.

Dilansir dari Times Indonesia melalui Suara, di dalam Gua Temugiring terdapat banyak bebatuan stalakmit dan stalaktit yang indah dipandang. Di dalam gua juga terdapat oase atau danau dari air terjun kecil melintasi gua.

Sedangkan Gua Tinumpuk memiliki keunikan yang tidak sama. Warga sekitar menamai Gua Tinumpuk karena ornamennya yang menempel dengan pintu lubang sekitar 1,5 meter.

Dalam gua ini terdapat batuan stalakmit dan stalaktit menyambung dengan batu dan saat dipukul mengeluarkan suara mirip alat musik gamelan. 

“Keunikan ornamen stalakmit-stalaktit bagus dan menyambung dari bawah ke atas. Dan ketika ditabuh menimbulkan suara-suara seperti gamelan,” kata Tokoh Pemuda setempat, Irsyadul Ibad.

Dia melanjutkan, bahwa Gua Putri Tinampuk ini hanya dapat dijangkau kurang lebih 20 meter. Namun, diperkirakan panjang goa bisa lebih dari perkiraan sebelumnya.

Lantaran lorong gua di dalam gelap serta belum adanya alat memadai untuk memetakan gua. Berbeda dengan gua Temugiring yang panjangnya sekitar 540 meter. Menindaklanjuti temuan gua tersebut, dia berharap ada perhatian serius dari pemerintah.

Sebetulnya, bukan kali ini Tuban menemukan gua. Penemuan serupa pernah tiga tahun silam di daerah Dusun Krajan, Desa Jadi, Kecamatan Semanding. Gua itu kemudian diteliti Asosiasi Wisata Goa Indonesia (ASTAGA) dan mahasiswa pecinta alam Tuban.

Artikel Lainnya