nyedulur.com

Vaksin Sinovac Telah Tiba, Ini Komorbid yang Boleh dan Tidak Bisa Divaksin

Nyedulur
  • 2 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Global Times.

Pemerintah RI telah mendatangkan vaksin Sinovac dari Cina. Vaksin ini telah tiba di tanah air beberapa waktu lalu. Namun ada persyaratan yang harus dipenuhi masyarakat agar bisa menerima vaksin ini.

Dikutip dari Viva, Pengurus Besar Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam (PB PAPDI memberikan rekomendasi berdasarkan beberapa hal.

Misalnya data publikasi fase I dan II mengenai Sinovac, Data uji klinis fase III, hingga data uji vaksin lain. Pada individu yang akan divaksin, jika terdapat lebih dari 1 penyakit penyerta dan ada yang belum layak divaksin, maka dipilih yang belum layak.

Persyaratan umum vaksin Sinovac ini mencakup dewasa sehat dengan rentang usia 18-59 tahun. Untuk yang tak diperbolehkan menerima vaksin antara lain pernah terkonfirmasi, wanita hamil dan menyusui, hingga penyakit penyerta.

PAPDI mencatat beberapa penyakit penyerta atau komorbid yang bisa dan tak layak diberi vaksinasi. Beberapa komorbid yang boleh vaksin meliputi alergi tertentu, penyakit menular, penyakit paru, penyakit hati, dan penyakit gangguan psikosomatis.

Khusus untuk penyakit menular, vaksin bisa diberikan kepada penderita HIV. Vaksinasi yang mengandung kuman yang mati/komponen tertentu dari kuman dapat diberikan walaupun CD4200

Lantas apa saja penyakit komorbid yang tidak bisa menerima vaksin Sinovac?

Artikel Lainnya