nyedulur.com

Unik, Gurita Berkaki Sembilan Ditemukan Petani Rumput Laut Jepang, Terperangkap Jaring

Nyedulur
  • 3 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Kompas/Live Science.

Gurita merupakan jenis binatang laut yang sangat cerdas dibandingkan fauna lainnya. Selain itu, hewan ini juga mampu hidup di peraiaran tropis maupun wilayah kutup.

Tapi ada satu hal yang lazim ditemukan dalam gurita. Invertebrata ini memiliki kaki atau lengan berjumlah delapan. Nah, bagaimana jika gurita ditemukan memiliki sembilan lengan?

Itulah yang ditemukan seorang petani rumput laut asal Jepang, Kazuya Sato. Dia mengaku melihat keanehan dalam gurita yang dia dapat.

Ceritanya begini. Seperti aktivitas biasanya, dia memasang perangkap untuk menangkap ikan. Tapi perangkapnya justru menangkap gurita di Teluk Shizugawa di timur laut kota Minamisanriku, Jepang pada 13 November lalu. Kejadian itu tidak disengaja.

Seperti dikutip dari Live Science melalui Kompas, Sabtu 12 Desember 2020, dia baru sadar setelah sampai rumah. Dia bermaksud memasak gurita tangkapannya.

Selidik punya selidik, Sato memerhatikan gurita tangkapannya. Memiliki sembilan lengan! Meski guritanya sudah mati, tubuhnya masih utuh. Sato pun segera membawanya ke Pusat Alam Shizugawa setelah menyadari keanehan itu.

Michael Vecchione, ahli zoologi invertebrata di Museum Nasional Sejarah Alam Smithsonian di Washington DC yang tak terlibat dalam penemuan ini menyebut, tambahan lengan pada gurita itu menempel pada lengan yang lain dan belum sepenuhnya terbentuk. Kasus seperti ini tak pernah terdengar sebelumnya.

Menurut Vecchione, gurita memiliki kemampuan meregenerasi lengannya. Tetapi terkadang regenerasi tak bekerja dengan baik, sehingga tak sepenuhnya terbentuk. Ya, seperti ini wujudnya.

Artikel Lainnya