nyedulur.com

Tuh Kan, Menko PMK Akui Banjir Kalsel Disebabkan Eksploitasi Alam

Nyedulur
  • sebulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Tempo.

Untuk pertama kalinya Kalimantan Selatan dilanda banjir besar. Bahkan banjir di Kalsel telah menerjang beberapa wilayah pada 12-13 Januari 2021 silam.

Hal inilah yang menyebabkan saling tuding. LSM Walhi menganggap adanya pembukaan lahan secara massif. Namun pemerintah menuding hujan dengan intensitas tinggi menjadi penyebabnya.

Kali ini Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy angkat bicara. Dia tak memungkiri bahwa eksploitasi alam menjadi salah satu penyebab banjir besar di Kalsel. Untuk itu, dia menekankan pentingnya pengelolaan alam yang tepat di Kalimantan.

“Pengelolaan alam yang salah dan sembrono menyebabkan timbulnya malapetaka bencana alam,” kata Muhadjir saat mengunjungi posko pengungsian banjir Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial Kota Banjarbaru, Kalsel dalam siaran resminya, Jumat 22 Januari 2021.

Sejauh ini Kalimantan memiliki sumber daya alam luar biasa. Borneo memiliki keanekaragaman hayati dan kandungan mineral di dalam perut buminya. Itu sebabnya Muhadji Effendy meminta pihak-pihak yang memanfaatkan kekayaan alam di Kalimantan untuk menghitung risiko jangka pendek dan panjang.

“Jangan sampai ada yang mengambil keuntungan terlalu besar (dari lingkungan), sementara sebagian yang lain menanggung risiko terlalu besar,” dia menambahkan.

Muhadjir juga meminta semua pihak, baik masyarakat umum, pengusaha, dan pemerintah untuk lebih mencintai alam. Dia juga mengingatkan agar memanfaatkan alam dengan bijaksana. 

Artikel Lainnya